Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ritual Sedekah Gunung Merapi Dalam Rangka Menyambut Malam Tahun Baru 1 Muharam 1443 Hijriah Secara Prokes

 Ritual Sedekah Gunung Merapi Dalam Rangka Menyambut Malam Tahun Baru 1 Muharam 1443 Hijriah Secara Prokes




Polres Boyolali News - Pada Senin (09/08/2021) jam 21.30 Wib di Balai Desa Lencoh, Kec. Selo, Kab. Boyolali telah berlangsung ritual Sedekah Gunung Merapi dalam rangka menyambut malam tahun baru 1 muharam 1443 Hijriah.


Turut hadir dalam acara tersebut Kepala Balai Taman Nasional Gunung Merapi Kariyadi, Danramil 07/Selo Kapten Inf. Sri Widodo, Kapolsek Selo IPTU Maryanto, S.Sos, M.H, Camat Selo yang diwakili Nur Rohmad, Kades Lencoh Sutarno, Perangkat Ds. Lencoh, Toga, Tomas dan Toda Ds. Lencoh serta masyarakat dan perwakilan ritual larungan kepala kerbau lebih kurang sekitar 30 (tiga puluh) orang.


Adapun sambutan Kades Lencoh Sutarno mengucapkan selamat datang kepada Forkopincam Selo, Tokoh adat Ds. Lencoh yang hadir dalam acara sedekah Gunung Merapi. Bapak Kades menyampaikan bahwa sedekah Gunung Merapi tahun ini dilaksanakan secara sederhana terkait dengan situasi pandemi covid19, yang penting acara sedekah Gunung Merapi dapat terlaksana.


Dalam acara sedekah Gunung Merapi yang akan melarung kepala kerbau di Gunung Merapi semoga diberikan keselamatan dan kelancaran. Untuk proses Larungan kepala kerbau dipuncak Gunung Merapi yang akan dibawa oleh 10 (sepuluh) orang perwakilan semoga dalam perjalanan naik dan turunnya diberikan kelancaran dan keselamatan.


Ujup sesaji ritual sedekah Gunung Merapi oleh Bapak Martono Paiman dan pembawa Do'a oleh Bapak Sugiyanto, serta Perwakilan membawa sesaji uborampe dan kepala kerbau naik kepuncak Gunung Merapi untuk dilarung.


Sebelum pelaksanaan pengamanan acar ritual Sedekah Gunung Merapi dalam rangka menyambut malam Tahun Baru 1 Muharam 1443 Hijriah dilaksanakan apel di halaman Mapolsek Selo yang dipimpin Kapolsek IPTU Maryanto, S.Sos, M.H. Selama kegiatan berlangsung sampai dengan selesai situasi berjalan aman, lancar dan kondusif.


(sihansugih hms selo)