Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Rumah dan Tiga Motor Hangus di Desa Kuwiran Banyudono Terbakar, Polisi: Penyebabnya diduga korsleting listrik aki sepeda motor jenis Vario

  

BOYOLALI  Kebakaran rumah akibat korsleting sepeda motor terjadi di Desa Kuwiran RT 11 RW 04, Banyudono, Rabu (19/1) dini hari. Tiga motor dan ruang tamu seluas 5 x 12 meter ludes terbakar. Beruntung kebakaran tidak sampai menimbulkan korban jiwa. Namun demikian, pemilik rumah merugi sekitar Rp 100 juta.

Kapolsek Banyudono AKP M. Lukman Efendi menjelaskan, kebakara pertama kali diketahui pemilik rumah, Sri Rahayu, 60, sekitar pukul 01.15. Korban mendengar suara ledakan dari garasi motor. Dia lantas mendatangi asal suara. Namun sudah didapati api yang menyala-nyala.

”Saat dicek ternyata api sudah membesar. Korban lantas keluar rumah berteriak dan meminta bantuan warga sekitar,” terangnya, Rabu (19/1/2022).

Tetangga sekitar membantu dalam pemadaman dan segera menghubungi pemadam kebakaran (Damkar) Satpol PP Boyolali. Dua armada damkar dikerahkan untuk memadampak api. Sayangnya, ruangan seluas 5 x 12 meter tersebut sudah hangus terbakar beserta isinya.

”Penyebabnya diduga korsleting listrik aki sepeda motor jenis Vario. Ada tiga sepeda motor yakni Honda Vario, Honda beat dan Honda Supra Fit serta satu sepeda onthel yang habis terbakar,” katanya.

Kabid Damkar Satpol PP Boyolali Dono Rumekso mengatakan, ruang tamu tersebut juga digunakan untuk parkir sepeda motor. Apinya berasal dari salah satu motor.

”Kemungkinan karena korsleting aki motor. Kerugiannya mencapai Rp 100 juta,” jelasnya.

Kebakaran rumah ini menambah daftar panjang kasus kebakaran di Boyolali. Baru memasuki minggu ketiga, terjadi tujuh kasus kebakaran. Hampir semua kasus disebabkan karena human error. Kebakaran menimpa enam rumah dan satu pabrik briket dengan kerugian mencapai ratusan juta rupiah.

”Awal tahun ini sudah terjadi tujuh kebakaran yang dilaporkan. Penyebabnya karena human error, mulai dari meninggalkan rumah saat kompor masih menyala, wajan bocor saat memasak dan lainnya. Ada juga yang diakibatkan konsleting listrik yang menghanguskan seisi rumah,” ungkapnya.