Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tempat Usaha Pembuatan Kerupuk di Cepogo, Boyolali Dilalap Api, Polisi: Diduga Gara-Gara Wajan Berisi Minyak Goreng Bocor


BOYOLALI
 – Kebakaran terjadi di RT 9 RW 2, Dusun/Desa Sukabumi, Cepogo pada Kamis (13/1) siang. Dapur beserta dagangan bawang goreng seberat 1 ton dan kerupuk 15 kuintal hangus terbakar. Penyebab kebakaran ini diduga berawal dari wajan yang bocor.

Kapolsek Cepogo melalui Wakapolsek Ipda Budi Raharjo membenarkan kejadian kebakaran rumah tersebut. Dapur rumah yang terbakar itu milik Muhadi Tukimin, 62.

Kejadian bermula saat salah satu pekerja Muhadi, Slamet,40, menggoreng kerupuk untuk dijual. Naasnya, wajan penggorengan bocor dan tersambar api.

“Kejadian sekitar pukul 11.00, api menyambar minyak dari wajan yang bocor dan menjalar ke atap rumah setinggi 2,1 meter. Dapur dan seisinya hangus terbakar,” ungkap Budi pada Kamis (13/1/2021).

Api juga menyambar tiga jeriken minyak goreng, yang membuat kobaran semakin membesar. Anak pemilik rumah, Bunur, pun langsung melaporkan ke Polsek Cepogo dan menghubungi Damkar Satpol PP Boyolali.

Begitu menerima laporan, Personel Polsek langsung menuju TKP dan dua armada damkar dikerahkan untuk memadamkan si jago merah. Beruntung api tidak merembet ke ruang lain maupun bangunan lainnya.

Api akhirnya berhasil dipadamkan. Namun, dapur seluas 5 meter x 6 meter persegi itu telah rata tanah. Api juga menghanguskan bawang merah seberat 1 ton senilai Rp 14 juta. Kemudian dua kuintal kerupuk, tiga jeriken minyak goreng seberat 20 liter dan dapur beserta isinya. Kerugian ditaksir mencapai Rp 20 juta rupiah.

“Api berhasil dipadamkan dan tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini. Hanya dapur dan isinya yang hangus terbakar. Kerugian mencapai puluhan juta,” jelasnya.