Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Covid-19 Masuk Boyolali, Kapolres Boyolali: RSDC Donohudan Boyolali Siap Tangani Pasien Covid-19

 



BOYOLALI — Per Rabu (9/2/2022), Rumah Sakit Darurat Corona (RSDC) Asrama Haji Donohudan (AHD), di Ngemplak, Boyolali,, merawat sebanyak 22 pasien terpapar Covid-19. Kapolres Boyolali AKBP Asep Mauludin Saat Pengecekan bersama Komandan Subsatgas Operasional Umum RSDC AHD Boyolali, Letkol Arm. Ronald Siwabessy, mengatakan, RSDC Donohudan sempat kosong selama satu bulan, namun mulai terisi sejak akhir Januari.

“Jadi ada sekitar 6,34 persen. Itu data kemarin sore jam 15.00 Wib sebanyak 22 pasien itu rinciannya Solo ada 18 orang, Klaten 3 orang, dan 1 orang dari Kudus. Yang Kudus itu bukan orang Kudus yang dikirim ke RSDC, tapi dia bagian dari nakes RSDC yang terpapar,” jelasnya pada Kamis (10/2/2022) pagi di Mapolres Boyolali.

Asep Mauludin yang menjabat sebagai Kapolres Boyolali menggantikan Morry Ermond menambahkan jika jumlah pasien semakin membeludak, maka isolasi terpusat (isoter) kemungkinan akan dibuka. Ia mengatakan mekanisme isoter akan diberikan ke pasien dengan gejala ringan atau malah orang tanpa gejala (OTG).

“Untuk menghemat tempat di RSDC, agar di RSDC untuk yang sedang dan berat. Kalau pukul rata di RSDC kasihan. Nanti yang berat masuk nggak ada tempat. Jadi isoter di Gedung Mekah bagi yang OTG atau gejala ringan,” jelasnya.

Mantan Kapolres Magelang Kota itu mengatakan, di RSDC Donohudan terdapat enam dokter, 16 perawat, dua tenaga rekam medis, dan dua tenaga radiologi. Kemudian juga, kata Ronald, ada tenaga pendukung lain seperti gizi dan farmasi. Ronald menjelaskan beberapa fasilitas yang ada di RSDC Donohudan di antaranya adalah HCU dan juga iso tank oksigen.

“Yang paling penting, kami di RSDC ada iso tank. Itu kapasitas penyimpanan oksigen sebanyak tiga ton. Kalau dikalkulasi, iso tank RSDC cukup memenhui kebutuhan 100 orang dalam jangka waktu sekitar 10 hari. Mekanisme pengisiannya, ketika iso tank sudah dipakai dan indikator menunjukkan kira-kira tinggal satu ton, maka akan direfill ulang,” pungkasnya.