Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Setelah Mudik Lebaran 2023 Selesai, Tol Fungsional Solo – Jogja Ditutup 1 Mei Pukul 17.00 Wib, Masyarakat Sudah Tidak Bisa Menggunakan Jalur ini

 


Boyolali – Lebaran 2023 ini Tol fungsional Solo-Jogja sangat membantu dalam arus mudik maupun balik.

Terbukti hingga kemarin, jumlah kendaraan yang mengakses tol fungsional mencapai 65.160 kendaraan roda empat. Jauh dari perkiraan awal seribu kendaraan per hari.

Kapolres Boyolali Akbp Petrus P. Silalahi melalui Kasat Lantas Akp Herdi Pratama mengatakan, kendaraan yang mengakses tol fungsional cukup banyak. Puncak arus balik sudah berlangsung pada 25-26 Mei lalu. Hingga Minggu siang, meski masih banyak yang melintas, namun lalu lintas kendaraan yang mengakses tol fungsional mulai melandai dibanding hari-hari sebelumnya. katanya Minggu (30/4/2023).

Herdi menambahkan, “untuk tol Fungsional Solo – Jogja akan ditutup 1 Mei Pukul 17.00 Wib, setelah jam itu masyarakat tidak bisa menggunakan jalur ini lagi, untuk masyarakat bisa menggunakan jalur Solo – Jogja via Pertigaan Kartasura Sukoharjo.”

“Menurut data dari dari JogjaSolo Marga Makmur sampai hari ini (kemarin) pukul 10.00 yang melintas 1.250 kendaraan. Tidak terjadi kepadatan, lancar. Untuk entrance masih dibuka dua tempat, Tegalgondo Klaten dan Kateguhan, Sawit. Sampai siang ini masih belum terlihat meningkat,” terangnya

Sedangkan pada Sabtu (29/4/2023) kendaraan yang melintas mencapai 5.688 mobil. Operasional tol fungsional masih sama, mulai pukul 06.00-17.00. Rachmat mengingatkan bahwa jalur tol fungsional akan berakhir pada Selasa (1/5/2023) mendatang. Sedangkan mobil yang mengakses jalan tol diatas prediksi awal yakni seribu kendaraan/hari.

“Iya, untuk arus balik di atas perkiraan seribu kendaraan. Evaluasi kemungkinan nanti setelah penutupan (tol fungsional, Red),” imbuhnya.