Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kapolres Boyolali Ikuti Prosesi Adat Hari Jadi Kabupaten Boyolali ke 176

  

Boyolali – AKBP Petrus Parningotan Silalahi, Bersama istri Ny.Via Mengikuti Acara Puncak peringatan Hari Ulang Tahun atau HUT ke-176 Kabupaten Boyolali yang digelar di Alun-Alun Kidul, Senin (5/6/2023).

Hadir dalam acara tersebut Bupati Boyolali M.Said, Komandan Kodim serta Kapolres dan pejabat Forkopimda Boyolali , Upacara berlangsung unik dengan nuansa kejawen. Mulai dari busana hingga bahasa yang dalam upacara itu serba-Jawa, Sedangkan bahasa yang digunakan ada bahasa Jawa krama.

Hampir semua tamu undangan mengenakan pakaian beskap yang merupakan pakaian adat Jawa era kerajaan silam. Serta tak sedikit pula yang mengenakan baju batik lurik.

“Syukur Alhamdulillah, Hari Jadi Boyolali tahun ini Bupati Boyolali, M Said Hidayat, mengungkapkan pemakaian busana dan bahasa Jawa memiliki makna seperti yang diajarkan dalam nilai-nilai Pancasila yaitu menjaga nilai-nilai budaya.

“Melalui budaya ini lah yang mempersatukan bangsa dan negeri ini. Maka menjaga nilai-nilai budaya menjadi bagian yang terpenting. Di sisi yang lain, ada semangat ketuhanan, dan seperti tadi saya sampaikan terima kasih kepada bupati senior saya, Pak Seno Samodro,” ujarnya saat ditemui wartawan seusai upacara peringatan HUT ke-176 Boyolali itu.

Said berterima kasih kepada Seno karena telah membangun kompleks kantor kabupaten dengan lima tempat ibadah yang menyatu. Setelah masa kepemimpinan beralih, Said pun meneruskan pembangunan salah satunya membangun Alun-Alun Pancasila di Cepogo dengan dasar semangat Pancasila.

Yang paling utama, dirinya mengajak seluruh komponen masyarakat untuk mengucapkan syukur Alhamdulillah. “Hari Jadi Boyolali ke 176 ini bisa kita peringati dengan niat hati yang tulus. Semoga di tahun-tahun mendatang Boyolali akan gemah ripah loh jinawi, ayem tentrem karto raharjo,” harapnya.

Upacara hari jadi Boyolali, dilaksanakan dalam keadaan khidmat dan selanjutnya Bupati Bersama Forkopimda melanjutkan, acara Ziarah ke Taman Makam Pahlawan Boyolali Ratna Negara, Sonolayu Boyolali.