Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Polisi Hadiri Bimbingan Teknis Juru Sembelihan Halal (Bintek Juleha) Bagi Para Juleha Takmir Masjid Se-Kabupaten Boyolali

BOYOLALI – Kepolisian Sektor Teras Polres Boyolali Turut berpartisipasi dalam giat sekaligus Melakukan Monitoring giat BAZNAZ dalam sosialisasi Bimbingan Teknis Juru Sembelihan Halal (Bintek Juleha) bagi para Juleha takmir masjid di seluruh Kabupaten Boyolali. Kegiatan ini berlangsung selama dua hari berturut-turut, mulai tanggal 24 hingga 25 Juni 2023, di Gedung Serba Guna (GSG) Cemara, Desa Randusari, Kecamatan Teras, Kabupaten Boyolali.

Acara ini dihadiri oleh sejumlah tokoh dan pejabat terkait, termasuk Ketua Badan Amil Zakat, Infaq, dan Shadaqah (BAZNAS) Jawa Tengah, Kyai Ahmad Daroji, Wakil Ketua BAZNAS Jawa Tengah, H. Rosihan, Camat Teras, Bapak Joko Suseno, Danramil Teras, Lettu Inf Doni Hidayat, Kapolsek Teras, AKP Agus Marjoko SH, Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Teras, H. Komarudin, serta Kepala Dinas Peternakan Kabupaten Boyolali, Ir. Lusiana Dyah Suciati. Lebih dari 150 peserta Bintek Juleha juga hadir dalam kegiatan tersebut.

Acara Bintek Juleha dimulai dengan pembukaan, diikuti oleh menyanyikan lagu Indonesia Raya dan pembacaan Ayat Suci Alquran. Kemudian, Ketua Panitia melaporkan acara kepada peserta yang disambut dengan sambutan dari Kabid Peternakan Jawa Tengah. Setelah itu, dilakukan arahan dan pembukaan resmi Bintek Juleha. Dalam rangkaian kegiatan tersebut, peserta Bintek Juleha juga menerima bantuan sarana dan prasarana Juleha secara simbolis. Acara ditutup dengan upacara penutupan.

Kapolsek Teras AKP Agus Marjoko, yang turut hadir dalam kegiatan tersebut, menjelaskan bahwa kegiatan ini merupakan upaya kepolisian dalam memenuhi undangan serta menjadi sarana untuk mempererat hubungan polisi dengan masyarakat. Untuk menjaga keamanan acara sosialisasi ini, tiga personel dari Polsek Teras yang dipimpin oleh Kanit Samapta, Aipda Bahtiar SH, serta satu personel dari Koramil Teras dan empat orang Linmas dikerahkan untuk melakukan pengamanan,” Jelas Kapolsek.

Ditemui terpisah Ketua BAZNAZ Jawa Tengah Kyai Ahmad Daroji mengatakan “Bimbingan Teknis Juru Sembelihan Halal (Bintek Juleha) memberikan pembekalan kepada para peserta mengenai cara penyembelihan yang sehat dan halal, baik secara teori maupun praktik. Para peserta juga menerima bantuan sarana dan prasarana dari DPD Juleha Boyolali,” katanya.

“Diharapkan dengan adanya kegiatan Bimbingan Teknis Juru Sembelihan Halal (Bintek Juleha) ini, para Juleha takmir masjid di Kabupaten Boyolali dapat meningkatkan pemahaman dan keterampilan dalam menjalankan penyembelihan yang sesuai dengan prinsip halal. Hal ini bertujuan untuk menciptakan penyembelihan hewan kurban yang berkualitas dan sesuai dengan aturan agama Islam,” tutupnya.