Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bhabinkamtibmas Polsek Sawit Polres Boyolali, Sosialisasikan Saber Pungli ke Desa Binaanya

  

Boyolali - Bhabinkamtibmas Polsek Sawit, Aipda Sunarto, turut aktif dalam mensosialisasikan program Saber Pungli di wilayah Kecamatan Sawit, Kabupaten Boyolali. Kegiatan tersebut dilaksanakan dengan mengunjungi kantor desa Guwokajen dan berinteraksi dengan perangkat desa serta masyarakat setempat melalui sambang patroli dialogis. Jumat (21/7/2023).

Dalam upaya mendukung pencegahan tindakan pungutan liar (pungli), Aipda Sunarto berperan penting dalam menyampaikan informasi dan sosialisasi mengenai program Saber Pungli. Selain memberikan pemahaman tentang arti pentingnya memerangi praktik pungli, ia juga berfokus pada pentingnya menjaga kamtibmas (keamanan dan ketertiban masyarakat) di sekitar lingkungan tempat tinggal, khususnya dalam tahun politik yang sedang berlangsung.

Di kantor desa Guwokajen, Aipda Sunarto melakukan dialog dan berdiskusi dengan perangkat desa. Dalam kesempatan ini, ia menyampaikan informasi terkait tindakan pungli yang harus diwaspadai serta konsekuensi hukum bagi pelakunya. Selain itu, sosialisasi Saber Pungli juga diiringi dengan himbauan dan ajakan agar seluruh elemen masyarakat ikut berperan aktif dalam menjaga kamtibmas, sehingga situasi di desa Guwokajen tetap aman dan kondusif selama proses politik berlangsung.

Melalui sambang patroli dialogis, Aipda Sunarto juga berinteraksi langsung dengan masyarakat setempat. Dalam interaksi tersebut, masyarakat diajak untuk saling bekerjasama dengan kepolisian dalam memerangi pungli serta melaporkan segala bentuk tindakan yang mencurigakan atau melanggar hukum.

Kegiatan sosialisasi Saber Pungli oleh Bhabinkamtibmas Polsek Sawit ini merupakan upaya nyata dari Kepolisian untuk menciptakan lingkungan yang bersih dari praktik pungli dan aman selama masa politik. Diharapkan, dengan adanya sosialisasi ini, masyarakat dapat lebih sadar akan pentingnya bersinergi dengan pihak kepolisian dalam menjaga kamtibmas dan menciptakan pemerintahan yang bersih, transparan, dan akuntabel di tingkat desa.