Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Giat Pemantauan Pasar Hewan Ds. Jelok Kec. Cepogo Kab. Boyolali oleh Subdit 2 Dit Intelkam Polda Jateng

 

Boyolali – Pasar Hewan Boyolali kedatangan Tim Polda Jawa Tengah melalui Subdit 2 Dit Intelkam melakukan kegiatan pemantauan pasar hewan di Desa Jelok, Kecamatan Cepogo, Kabupaten Boyolali. Kegiatan ini bertujuan untuk melakukan observasi di bidang peternakan guna meminimalisir ancaman penyebaran penyakit antrak giat berlansung Pada Hari Senin (25/7/2023)

Hadir dalam kegiatan tersebut beberapa perwira dari Subdit 2 Dit Intelkam Polda Jawa Tengah, serta anggota Sat Intelkam Polres Boyolali dan Polsek Cepogo. Kompol Sodikin S.Ag, Kanit 3 Subdit 2 Dit Intelkam Polda Jawa Tengah, dan AKP Joko Wiyono, Panit 3 Subdit 2 Dit Intelkam Polda Jawa Tengah, memimpin kegiatan pemantauan ini.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut IPDA Syarifudin, Kanit Ekonomi Sat Intelkam Polres Boyolali, Aipda Atdi Prayitno, S.H., Panit IK Polsek Cepogo, serta Bhabinkamtibmas Polsek Cepogo Aipda Priyadi dan Bripka Suyamto, S.H.

Dalam kegiatan pemantauan di pasar hewan Ds. Jelok, Kecamatan Cepogo, Kabupaten Boyolali, dilakukan sosialisasi dan himbauan kepada pedagang dan masyarakat sekitar terkait ancaman penyebaran penyakit antrak pada ternak.

Kepala Subdit 2 Dit Intelkam Polda Jawa Tengah, Kompol Sodikin S.Ag, menyampaikan beberapa hal yang menjadi fokus dalam sosialisasi tersebut. Pertama, adanya ancaman penyakit menular pada ternak yang harus diwaspadai oleh para pedagang. Penyakit hewan yang menjadi perhatian adalah Antraks, yang disebabkan oleh bakteri Bacillus anthracis. Penyakit ini umumnya menyerang hewan herbivora seperti sapi, kambing, domba, dan jenis lainnya, dan dapat menular ke manusia.

Dalam upaya pencegahan penyebaran penyakit ini, pedagang diminta untuk lebih berhati-hati dalam membawa hewan ternak ke pasar hewan. Penting untuk memastikan bahwa ternak yang diperdagangkan berada dalam kondisi sehat dan bebas dari gejala penyakit.

Selain itu, dalam sosialisasi tersebut juga diharapkan kelompok paguyuban pedagang hewan pasar sapi di Desa Jelok agar berperan aktif dalam membantu upaya meminimalisir terjadinya penularan penyakit menular pada hewan. Kolaborasi dan partisipasi aktif dari semua pihak diharapkan dapat menciptakan lingkungan pasar hewan yang sehat dan aman.

Kegiatan pemantauan pasar hewan dan sosialisasi yang dilakukan oleh Subdit 2 Dit Intelkam Polda Jawa Tengah, Sat Intelkam Polres Boyolali, dan Polsek Cepogo berjalan dengan aman dan lancar. Diharapkan dengan adanya kegiatan ini, kesadaran akan pentingnya menjaga kesehatan hewan ternak dan mencegah penyebaran penyakit dapat semakin meningkat di masyarakat.

kegiatan pemantauan pasar hewan di Desa Jelok, Kecamatan Cepogo, Kabupaten Boyolali. Sebagai Upaya pencegahan penyebaran penyakit antrak ini akan terus dipantau pada kesempatan selanjutnya.