Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kegiatan Polisi RW Polres Boyolali Dipantau Langsung Kabaharkam Polri melalui Zoom Meeting

Boyolali – Satuan Binmas Polres Boyolali melakasanakan Kegiatan Zoom Meeting Supervisi dan Pengecekan Polisi RW oleh Kabaharkam Polri di Jajaran Polda Jateng, acara tersebut berlangsung di Pendopo Kelurahan Kebon Bimo Kabupaten Boyolali, pada hari Selasa (8/8/2023) siang.

Dalam kegiatan Supervisi dihadiri Kapolres Boyolali, AKBP Petrus Parningotan Silalahi, S.H., S.I.K., M.H., beserta Kabag OPS Polres Boyolali, Kompol Parwanto, SH, M.H, Kasat Binmas Polres Boyolali, AKP Maryanto, SH., M.H. Kapolsek Kota Boyolali, AKP Joko Winarno, SH., MH, para Kanit Binmas Polres Boyolali, Bhabinkamtibmas Kelurahan Kebon Bimo Boyolali, Polisi RW Kelurahan Kebon Bimo Boyolali, Babinsa Kelurahan Kebon Bimo Boyolali, Kepala Kelurahan Kebon Bimo Boyolali, serta tokoh agama, tokoh masyarakat, dan tokoh pemuda dan mahasiswa UNS Surakarta Peserta Magang di Polres Boyolali

Rangkaian kegiatan dimulai dengan ucapan selamat datang dari Dirbinmas Polda Jateng, Kombel Pol Lafri Prasetyono, S.I.K. Kemudian, Kapolda Jateng, Irjen Pol Ahmad Luthfi, S.H., S.St. M.T. menyampaikan sambutannya. Beliau menyatakan bahwa Polisi RW merupakan Program Presisi Kapolri untuk memperkuat pemolisian masyarakat,” ungkap kapolda.

Dalam wilayah hukum Polda Jateng, Polisi RW menggunakan kearifan lokal dan karakter masing-masing wilayah dengan tetap mengedepankan tugas problem solving. Meskipun belum semua wilayah di Polda Jateng memiliki Polisi RW, program ini harus dapat memberikan hasil optimal, terutama menjelang tahun politik pemilu 2024, di mana Polisi RW diharapkan dapat mengumpulkan informasi penting dari masyarakat binaannya,” Jelas Kapolda.

Kakorbinmas Baharkam Polri, Irjen Pol Hary Sudwijanto, S.H., S.I.K., M.Si, dalam Sambutannya, menegaskan bahwa hakekat dari Polisi RW adalah untuk meminimalisir terjadinya tindak pidana di lingkungan masyarakat. Dalam upaya mendekatkan diri pada masyarakat, Polisi RW menjadi salah satu solusi, terutama ketika Bhabinkamtibmas belum bisa mencakup seluruh desa,” ungkap kakorbinmas.

Polisi RW hadir untuk melengkapi dan memperkuat keterlibatan polisi dalam pencegahan kriminalitas dan peningkatan keamanan di masyarakat. Implementasi tugas Polisi RW yang cerdas, seperti yang dijelaskan oleh Kapolrestabes Semarang, diharapkan dapat diikuti oleh seluruh wilayah di jajaran Polda Jateng, termasuk Polres Cilacap, Polres Jepara, Polres Pekalongan, dan Polair Polres Batang yang turut menjadi bagian dari pengecekan melalui daring dalam kegiatan ini,” jelasnya.

Kegiatan Supervisi dan Pengecekan Polisi RW oleh Kabaharkam Polri ini menunjukkan komitmen dari Polda Jateng dalam menjalankan program Polisi RW sebagai upaya membangun kepercayaan dan hubungan harmonis antara polisi dan masyarakat. Dengan terus meningkatkan koordinasi dan sinergi antarinstansi, diharapkan program Polisi RW akan semakin efektif dalam menciptakan keamanan dan ketertiban di wilayah Jawa Tengah.