Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kepolisian Sektor Selo Menghadiri Kegiatan Sosialisasi (K.3) Keselamatan dan Kesehatan Kerja Hadapi Bahaya Kebakaran


Selo - Boyolali - Kepolisian Sektor Selo bersama anggota Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) dari Komisi IX, Bapak H. Rahmad Handoyo, S.Pi. MM. dari Fraksi PDI Perjuangan, turut ambil bagian dalam kegiatan Sosialisasi Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) terkait Bahaya Kebakaran dan Cara Penanggulangannya di Lingkungan Rumah Tangga. Acara yang dihadiri oleh berbagai unsur masyarakat ini diselenggarakan dengan tujuan meningkatkan kesadaran akan pentingnya langkah pencegahan serta tindakan cepat dalam menghadapi risiko kebakaran di rumah tangga, Sosialisasi berlangsung Gedung TPPS Ds. Tlogolele, Kec. Selo, Kab. Boyolali, pada hari Selasa (8/8/2023).

Dalam sambutannya, Bapak H. Rahmad Handoyo mengungkapkan rasa syukur atas kesempatan berkumpul dalam acara tersebut. "Dengan rahmat Allah SWT yang telah memberikan kesehatan dan kesempatan, kita bisa berkumpul di tempat ini untuk mempelajari pentingnya K3 serta cara penanggulangan kebakaran di rumah tangga," ucapnya. Ia juga menegaskan pentingnya menjaga Pancasila sebagai landasan negara, karena dengan begitu Indonesia akan tetap lestari.

Para nara sumber dan pemateri dari Pengawas Ketenagakerjaan, seperti Ibu Fransisca Ratih Setya Ambarwati, Ibu dr. La Asih, dan Ibu Dewi Utami Ningsih, memberikan informasi yang sangat berharga tentang bahaya kebakaran dan langkah-langkah yang dapat diambil untuk mengatasi situasi darurat ini. Selain itu, perwakilan dari lembaga pemadam kebakaran juga memberikan panduan kepada peserta tentang bagaimana cara menghubungi dan berinteraksi dengan petugas pemadam kebakaran dalam situasi kebakaran.

Kegiatan ini juga dihadiri oleh berbagai pihak, termasuk Anggota DPRD Kabupaten Boyolali, Bapak Bowo Hartono, SH, Camat Selo, Bapak Cahyo Wiratno, ST, M.Si, serta sejumlah pejabat dan perwakilan masyarakat setempat. Anggota Kepolisian Sektor Selo, IPTU Widodo, SH, menyatakan komitmen Polsek Selo dalam memastikan keselamatan masyarakat di tengah risiko kebakaran.

Dalam kegitan ini Pengamanan dilaksanakan oleh 4 Anggota Polsek Selo yang dipimpin Panit Intelkam Polsek Selo Bripka Suprianto dan 1 Anggota Koramil 07/Selo Serda Dekky serta 4 Anggota Panwascam Selo.

Kegiatan sosialisasi ini turut disertai dengan demonstrasi praktek langsung mengenai cara penanggulangan kebakaran oleh Tim Damkar setempat. Acara diakhiri dengan sesi tanya jawab dan diskusi antara peserta dan para nara sumber, di mana pertanyaan seputar langkah-langkah pencegahan dan penanggulangan kebakaran di rumah tangga diberikan perhatian yang mendalam.

Diharapkan, melalui kegiatan ini, masyarakat khususnya di wilayah Selo dapat lebih waspada dan siap menghadapi risiko kebakaran, serta mengambil tindakan yang tepat dan cepat dalam mengatasi situasi darurat tersebut. Kesadaran akan K3 dalam kehidupan sehari-hari diharapkan akan semakin meningkat, menjadikan lingkungan yang lebih aman dan terlindungi dari ancaman kebakaran.