Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Penandatanganan Bersama Polres Boyolali untuk Mencapai Wilayah Bebas dari Korupsi dan Birokrasi Bersih Melayani

Boyolali – Kepolisaian Resor Boyolali di bawah pengawasan Polda Jateng dan kendali dari Kapolres AKBP PETRUS PARNINGOTAN SILALAHI, S.H., S.I.K., M.H.  telah mencanangkan pembangunan Zona Integritas dari Wilayah Bebas Dari Korupsi (WBK) dan menuju Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM) sebagai bagian dari komitmen  dalam Reformasi Birokrasi. Penandatanganan bersama untuk merealisasikan Zona Integritas tersebut berlangsung dengan khidmat di Polres Boyolali pada hari Selasa (1/8/2023) Siang.

Upacara penandatanganan piagam dan Deklarasi Pembangunan Zona Integritas WBK untuk menuju WBBM ini dihadiri oleh seluruh pejabat utama Polres Boyolali, termasuk Kapolres, Wakapolres,  Kabag, Kasat, dan Kasi, serta Kapolsek Jajaran Polres Boyolali. Langkah ini merupakan hasil komitmen dan upaya berkelanjutan dalam menciptakan birokrasi yang bersih, Akuntabel Transparan serta berkinerja tinggi untuk melayani masyarakat dengan lebih baik.

Pembangunan Zona Integritas ini didasarkan pada Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 10 Tahun 2019, yang merupakan perubahan dari Permenpan RB Nomor 52 Tahun 2014. Aturan ini mengatur tentang langkah-langkah yang harus diambil untuk mencapai Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Menuju Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM). Kementerian Keuangan juga memiliki aturan serupa berdasarkan Keputusan Menteri Keuangan Nomor 426/KMK.01/2017.

Sejak tahun 2009, pelaksanaan Reformasi Birokrasi di Indonesia telah berlangsung secara konsisten dan berkelanjutan. Berdasarkan Peraturan Presiden Nomor 81 Tahun 2010 tentang Grand Design Reformasi Birokrasi 2010-2025, pelaksanaan Reformasi Birokrasi telah memasuki periode kedua dan akan menuju periode ketiga dalam masa berlaku Road Map. Banyak kondisi yang mendukung sasaran Reformasi Birokrasi telah tercapai, termasuk birokrasi yang bersih, akuntabel, transpara, berkinerja tinggi, efektif, dan efisien.

Kapolres Boyolali menyatakan bahwa upaya menuju Zona Integritas WBK dan WBBM ini tidak hanya sebatas formalitas, tetapi juga merupakan komitmen sejati untuk memberikan pelayanan publik yang berkualitas dan memudahkan masyarakat dalam mengakses layanan dari instansi pemerintah. Dengan meningkatkan kualitas pelayanan publik, Polres Boyolali berharap agar masyarakat merasakan hasil positif dari percepatan Reformasi Birokrasi yang telah dilakukan pemerintah.

Jajaran Polres Boyolali terus berupaya untuk mengubah wajah birokrasi menjadi lebih transparan, akuntabel, dan efisien demi mewujudkan tata kelola pelayanan masyarakat yang lebih  baik. Semangat reformasi yang terus bergulir diharapkan dapat menjadikan aparatur pemerintahan  yang lebih responsif dan terpercaya di mata masyarakat. Dengan kerja keras dan kesadaran kolektif, Polres Boyolali selalu berupaya maksimal untuk menuju pelayanan publik yang lebih baik .