Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Seni Budaya Reog dalam Perayaan HUT RI ke-78 di Boyolali Berlansung Meriah Polisi Lakukan Pengamanan


Boyolali - Suasana semarak dan penuh kebanggaan menyelimuti Warga dalam menggelar Pertunjukan Seni Budaya Reog Turonggo Sekarjati Husodo dari Susukan, Kabupaten Semarang. Desa Kragilan, Kecamatan Mojosongo, Kabupaten Boyolali pada Senin malam (21/8/2023).

Kegiatan yang penuh Kemeriahan tersebut diadakan dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Republik Indonesia yang ke-78, masyarakat Dusun Watugede, Rt. 03/11, Dusun Kragilan, Kabupaten Boyolali,

Sebanyak 200 orang penonton berkumpul untuk menyaksikan keindahan pertunjukan seni budaya Reog yang disajikan dengan megah dan penuh makna. Dengan penanggung jawab kegiatan Sdr. Dhendy Baskoro, acara ini menjadi bukti nyata bahwa semangat nasionalisme terus berkobar di kalangan masyarakat, terlebih dalam momen perayaan kemerdekaan.

Pertunjukan dimulai pada pukul 20.00 WIB dan berlanjut hingga pukul 23.45 WIB, menampilkan tarian dan gerakan yang sarat makna filosofis serta nilai-nilai luhur lokal. Reog Turonggo Sekarjati Husodo mampu menghadirkan kekayaan kultur Indonesia dalam setiap langkahnya, menjadi pengingat akan keberagaman budaya yang memperkaya bangsa.

Dalam upaya menjaga ketertiban dan keamanan selama acara berlangsung, pengamanan dilakukan dengan ketat oleh aparat kepolisian. Wakapolsek Mojosongo, Iptu Kiryanta, SH, memimpin operasi pengamanan dengan melibatkan 10 personil Polsek Mojosongo dan 2 personil Koramil Mojosongo. Upaya ini berhasil menciptakan suasana yang aman dan nyaman bagi semua penonton yang hadir.

Acara Pertunjukan Seni Budaya Reog Turonggo Sekarjati Husodo ini tidak hanya menjadi wadah untuk mengenang sejarah dan budaya, tetapi juga sebagai ajang untuk menggalang persatuan dan kesatuan antarwarga. Dengan semangat kemerdekaan yang terus berkobar, masyarakat Desa Kragilan turut berperan aktif dalam merawat dan mempromosikan warisan budaya Indonesia kepada generasi muda.

Momentum ini menunjukkan bahwa semangat cinta tanah air dan kebhinekaan masih menjadi kekuatan utama dalam membangun bangsa. Pertunjukan seni budaya Reog Turonggo Sekarjati Husodo mengingatkan kita semua bahwa meski waktu terus berputar, nilai-nilai luhur dan identitas budaya tetap berharga dan patut dijaga.