Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kapolres Hadiri Upacara HUT PMI ke-78 Tahun 2023, di Alun-alun Pancasila Cepogo


Boyolali - Polsek Cepogo Polres Boyolali melaksanakan Pengamanan dan Monitoring dalam kegiatan Upacara yang bertema "Menolong Sepenuh Hati" ini, dalam rangka HUT Palang Merah Indonesia (PMI) ke-78 Tahun 2023 tingkat Kabupaten Boyolali yang berlangsung di Alun-alun Pancasila Cepogo, Desa Mliwis, Kecamatan Cepogo, Kabupaten Boyolali, pada hari Minggu (17/09/2023) pagi.

Upacara HUT PMI ke-78 Tahun 2023 ini dihadiri oleh sekitar 500 undangan dan peserta upacara. Ketua PMI Kabupaten Boyolali, Bapak H. Sunarno, S.E., bertindak sebagai penanggung jawab kegiatan ini. Pembina upacara adalah Bupati Boyolali, Bapak Muh Said Hidayat, S.H., dengan perwira upacara Bapak Darmanto, S.Pd, M.M., serta pemimpin upacara dipegang oleh siswa SMA N 1 Cepogo, Sdr. Yuda.

Hadir dalam kegiatan ini adalah Wakil Bupati Boyolali, Bapak Wahyu Irawan, S.H., Ketua DPRD Kabupaten Boyolali, Bapak Marsono, S.H., Kapolres Boyolali, AKBP Petrus Parningotan Silalahi, S.H., S.I.K., M.H., Dandim Boyolali, Letkol Inf Wiweko Wulang Widodo, sejumlah pejabat tingkat Kabupaten dan Forkopincam Cepogo, beserta pengurus PMI Kabupaten dan Kecamatan Cepogo, yang dihadiri lebih dari 500 peserta upacara.

Dalam sambutannya, Bupati Boyolali M.Said selaku pembina upacara, mengucapkan apresiasi kepada PMI dalam peringatan ulang tahun yang ke-78 ini. Beliau menekankan pentingnya semangat kemanusiaan yang telah diajarkan oleh para pendahulu kita, terutama para pahlawan yang berjuang untuk kemerdekaan Indonesia. Beliau juga menyampaikan bahwa semangat persatuan dan kesatuan di antara kita adalah kunci keberhasilan negara ini, sebagaimana prinsip PMI yang menggambarkan tangan yang memberi dan menerima.

Setelah upacara, dilanjutkan dengan pemberian bantuan sosial dan pemberian sertifikat satuan penanggulangan bencana (Satgana). Kegiatan ini juga diramaikan dengan atraksi paramotor yang mengibarkan bendera HUT PMI ke-78 serta atraksi yel-yel PMI.

Selain itu, piagam DDS 25 kali UUD PMI Kabupaten Boyolali tahun 2023 diberikan kepada Darmanto S.Pd., M.Pd dari Kecamatan Boyolali sebanyak 45 kali, Ani Wulanti dari Kecamatan Mojosongo sebanyak 40 kali, dan Retno Wulandari dari Kecamatan Boyolali sebanyak 27 kali. Dan Pemberian piagam DDS 10 kali UDD PMI Kabupaten Boyolali tahun 2023 juga menjadi salah satu highlight acara ini.

Kegiatan ini berlangsung aman dan tertib berkat pengamanan dan monitoring dari Polres Boyolali dan Polsek Cepogo, yang melibatkan 23 personil yang dipimpin oleh Waka Polsek IPTU Budi Raharjo, serta dukungan dari Koramil Cepogo dengan 5 personil yang dipimpin oleh Serka Prabowo, Trantib Kecamatan Cepogo, Dinas Perhubungan Kabupaten Boyolali, Satpol PP Kabupaten Boyolali, dan Damkar Kabupaten Boyolali.

Semangat kemanusiaan dan persatuan yang ditunjukkan dalam upacara ini menjadi cerminan dari prinsip PMI yang telah membantu banyak orang dalam berbagai situasi darurat selama 78 tahun. HUT PMI ke-78 tahun ini adalah momentum untuk terus berkontribusi dalam mendukung kemanusiaan tanpa memandang perbedaan agama, ras, suku, dan lainnya.