Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Latian Tanggap Bencana Tumbuhkan Sinergitas Aparatur Keamanan dan Sipil Kabupaten Boyolali


KLEWOR, KEMUSU - Kabupaten Boyolali hari ini menggelar Apel Simulasi Tanggap Darurat Bencana yang berlangsung meriah di Lapangan Pancasila, Desa Klewor, Kecamatan Kemusu. Kegiatan ini mendapat dukungan penuh dari Kapolres Boyolali beserta Forkopimda, yang dengan antusias merespons undangan dari Setda Kabupaten Boyolali, pada hari Selasa (5/9/2023) Siang.

Apel simulasi ini menandai langkah konkret Kabupaten Boyolali dalam mempersiapkan diri menghadapi berbagai jenis bencana yang mungkin melanda wilayah ini. Sinergi yang kuat antara Kodim Boyolali dan Polres Boyolali menjadi kunci utama dalam upaya penanggulangan bencana di sini.

Dalam sambutannya, Bupati Kabupaten Boyolali menegaskan pentingnya semangat kegotong-royongan dalam menghadapi dampak bencana, khususnya perhatian kepada tantangan utama saat ini, yaitu kekeringan. Bupati berbicara tentang pentingnya solidaritas dan kerja sama seluruh komponen masyarakat dalam membantu warga yang terdampak oleh kekeringan.

"Langkah dan tugas seorang pemimpin adalah hadir dalam membantu warga yang mengalami kesulitan, terutama dalam menghadapi kekeringan di wilayah Kecamatan Kemusu, Boyolali. Kita harus bersatu, bahu-membahu untuk menghadapi setiap bencana dan menjaga keselamatan serta kesejahteraan masyarakat," ujar Bupati.

Dalam Apel Simulasi Tanggap Darurat Bencana yang berlangsung dengan lancar, berbagai skenario bencana seperti gempa bumi, banjir, kebakaran hutan, dan kekeringan disimulasikan dengan baik. Personel dari Kodim Boyolali dan Polres Boyolali bekerja sama erat dalam mengevakuasi korban, memberikan pertolongan pertama, serta mengendalikan situasi di lapangan.

Kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan kesiapsiagaan dan koordinasi antara berbagai pihak terkait dalam menangani bencana di Kabupaten Boyolali. Dengan semangat kebersamaan yang tinggi, masyarakat Boyolali kini lebih siap menghadapi berbagai bencana dengan lebih tanggap dan efisien demi menjaga keselamatan serta kesejahteraan bersama.