Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Polda Jawa Tengah Mengenalkan Penggunaan Drone untuk Menegakkan Disiplin Berlalu Lintas


Boyolali - Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Jawa Tengah Uji Coba Bersama Satlantas Polres Boyolali Sosialisasi inovatif dalam menegakkan disiplin berlalu lintas dengan memperkenalkan Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) melalui penggunaan kamera drone. Sosialisasi inovasi ini digelar di Kota Boyolali, tepatnya di Perempatan Lampu Merah Pintu masuk Gerbang Tol Mojosongo Boyolali pada Selasa (12/9/2023).

Kegiatan ini melibatkan tim dari Ditlantas Polda Jateng dan Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Boyolali. Sebelumnya, tim ini telah melakukan pengecekan pembayaran pelanggaran lalu lintas melalui Kamera ETLE di Samsat Boyolali. Selanjutnya, mereka menerbangkan pesawat tanpa awak atau drone selama kurang lebih 10 menit di Perempatan Lampu Merah Exit Tol Boyolali.

Menggunakan sarana drone DJI Mavic 3, tim tersebut mampu merekam pelanggaran secara langsung. Mulai dari pelanggaran seperti tidak menggunakan helm hingga menerobos lampu merah.

Kanit 5 Subdit Gakkum Ditlantas Polda Jateng, AKP Agista Ryan Mulyanto, menjelaskan bahwa penggunaan ETLE melalui drone saat ini masih dalam masa ujicoba. Oleh karena itu, dalam pelaksanaan Operasi Zebra 2023, pihaknya melakukan sosialisasi di seluruh Polres jajaran Polda Jawa Tengah.

AKP Agista Ryan juga menjelaskan bahwa mekanisme kerja ETLE melalui drone sama dengan pemberlakuan tilang elektronik pada kamera statis atau ETLE kamera. "Sistem kerjanya sama dengan kamera statis yang sudah berjalan selama ini. Jadi pelanggaran yang terjadi secara kasat mata akan kita rekam melalui kamera drone," ujarnya.

Sementara itu, Kanit Gakkum Satlantas Polres Boyolali, Iptu Budi Purnomo, menegaskan bahwa pihaknya akan menindak tegas para pengendara yang melanggar aturan lalu lintas. Mereka berkomitmen mendukung program tersebut dengan menggunakan tilang elektronik, baik melalui kamera ETLE statis maupun ETLE drone.

Operasi Zebra Candi 2023 yang mencakup 8 sasaran pelanggaran lalu lintas ini juga menghimbau kepada seluruh pengguna jalan di Boyolali untuk selalu mentaati peraturan lalu lintas. Dengan adanya Operasi Zebra ini, diharapkan kesadaran masyarakat terhadap peraturan berlalu lintas akan meningkat, sehingga angka pelanggaran dan kecelakaan dapat berkurang.

"Kepada seluruh pengguna jalan di Boyolali, saya berharap agar selalu mentaati peraturan lalu lintas. Dengan adanya Operasi Zebra ini, penindakan dengan menggunakan ETLE akan kita tingkatkan," pungkasnya.