Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Polisi hadiri Kegiatan Pengajian Haflah Khotmil Qur'an TPQ “Aku Anak Hijaiyah” Di Halaman Masjid At Taqwa, Nogosari.

Boyolali - menjadi saksi berlangsungnya Pengajian Akbar yang meriah dalam rangka Haflah Khotmil Qur'an TPQ Aku Anak Hijaiyah, Maulid Nabi Muhammad SAW, dan Haul Masyayikh, Sesepuh. Kegiatan berlangsung dari pukul 20.30 hingga 23.30 WIB, dihadiri oleh lebih dari 1.000 jamaah. Bertempat dihalaman Masjid At Taqwa di Dk. Dilem Ds. Pojok Kec. Nogosari, Kabupaten Boyolali, Pada hari Sabtu (23/09/2023), malam.

Pengajian Akbar yang digelar ini adalah bentuk penghargaan dan persembahan atas keberhasilan para santri dan santriwati TPQ Aku Anak Hijaiyah dalam menyelesaikan Khotmil Qur'an. Acara Pengajian juga memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW serta memuliakan para Sesepuh dalam rangka Haul Masyayikh.

Acara yang dipimpin oleh Ketua Panitia, Sdr. Khabibi, dan mengundang penceramah Habib Ahmad Syarif Mulachela dari Surakarta, Kyai Abdul Wahid Munawir, S.Pd.I dari Pengurus Ponpes Roudlotut Tholibin Ds. Pojok Kec. Nogosari, serta perwakilan dari Kapolsek Nogosari dan Danramil 13/Nogosari, termasuk tokoh agama, tokoh masyarakat, dan instansi terkait. Beberapa tokoh dan perwakilan yang hadir dalam acara tersebut antara lain .

Pengasuh TPQ Aku Anak Hijaiyah Masjid At Taqwa, Kyai Triyono Djablawi, S.Pd., menyampaikan sambutan yang menekankan pentingnya sholawat sebagai wujud cinta kepada Rosulullah Muhammad SAW, apalagi ini bulan kelahiran Nya Nabi Kita,” tuturnya.

Sementara itu, Kepala Desa Pojok, Bp. Fitriyanto, mengingatkan seluruh warga untuk turut berperan menciptakan suasana yang nyaman dalam kegiatan keagamaan tersebut,” imbaunya.

Setelah acara sambutan dimulai Pembacaan maulid dan sholawat oleh Habib Ahmad Syarif Mulachela dari Surakarta serta Mauidhoh Khasanah oleh Kyai Abdul Wahid Munawir, S.Pd.I, menginspirasi hadirin dengan pesan-pesan kearifan Islam, termasuk pentingnya mendidik anak dan menghormati para Sesepuh.

Dalam pesannya, Kyai Abdul Wahid Munawir, S.Pd.I, menjelaskan bahwa ada dua jenis Kyai, yaitu Kyai Mimbar yang dikenal luas dan Kyai Dampar yang istiqomah dalam menjalankan ajaran Rosulullah. Kyai juga mengingatkan pentingnya pendidikan anak, yang menjadi tanggung jawab orang tua,” pesannya.

Acara ini turut diwarnai dengan pembacaan syair dan sholawat oleh Habib Ahmad Syarif Mulachela serta Maulidhoh Khasanah oleh Kyai Abdul Wahid Munawir, S.Pd.I. Kyai Abdul Wahid Munawir juga memberikan pemahaman tentang buah-buahan surga, yang menjadi inspirasi bagi para jamaah. Sebagai penutup, acara diakhiri dengan Mahalul Qiyam yang menyentuh hati para jamaah.

Selain rangkaian acara utama, kegiatan ini juga dimeriahkan oleh Hadroh Al Fatikah dari Teter, Simo, serta prosesi khataman Al Qur'an oleh para santri dan santriwati TPQ Aku Anak Hijaiyah Masjid At Taqwa.

Kegiatan ini berlangsung dengan lancar berkat pengamanan dan monitoring yang dilakukan oleh pihak berwenang, termasuk Polsek Nogosari yang menyediakan 3 personil yang dipimpin oleh Kanit Propam Aiptu Sunarso, Koramil 13/Nogosari yang menyediakan 1 personil oleh Babinsa Ds. Pojok Serda M. Juanto, Linmas Desa Pojok dengan 5 orang anggota, dan Banser Kec. Nogosari yang berkontribusi dengan 20 orang anggota.

Kegiatan ini menjadi bukti nyata kebersamaan dan kekompakan masyarakat dalam menjaga keamanan dan kelancaran acara keagamaan yang penuh makna ini. Semoga keberkahan dan kedamaian senantiasa menyertai mereka dalam menjalankan perintah agama dan memuliakan Nabi Muhammad SAW.