Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cegah "Bullying" Bhabinkamtibmas Sawit Aktif Lakukan Penyuluhan dan Pembinaan Sekolah

Boyolali - Bripka Anton Aris N, anggota Bhabinkamtibmas dari Polsek Sawit, bersama dengan Aiptu Suhanto, SH (Kanit Bimas), telah menggelar kegiatan penyuluhan dan pembinaan terkait kenakalan remaja, khususnya kasus "bullying". Kegiatan ini berlangsung di halaman SMP N 3 Sawit, Desa Bendosari, Kecamatan Sawit, Kabupaten Boyolali, pada hari Jum’at (6/10/2023) siang.

Dalam upaya mencegah dan mengatasi masalah "bullying" yang semakin meresahkan, penyuluhan ini dihadiri oleh 420 siswa-siswi dari kelas VII, VIII, dan IX. Kepala Sekolah SMP N 3 Sawit, Winarti Rahayu, S.Pd, serta guru dan karyawan sekolah juga ikut hadir dalam kegiatan ini.

Berbagai materi penting disampaikan kepada para siswa-siswi dalam penyuluhan ini. Poin-poin materi yang dibahas antara lain:

- Menghindari Perilaku Bullying

Materi pertama membahas pentingnya menghindari perilaku bullying, baik dalam bentuk verbal maupun non-verbal. Siswa-siswi diajak untuk memahami dampak negatif dari bullying dan pentingnya menciptakan lingkungan sekolah yang aman dan nyaman bagi semua.

- Etika Bermedia Sosial

Selain itu, para peserta juga diajarkan mengenai etika dalam bermedia sosial. Hal ini bertujuan untuk mencegah terjadinya tindakan pidana serta menjaga hubungan yang sehat dalam dunia maya.

- Kenakalan Remaja

Materi kedua membahas kenakalan remaja yang meliputi perilaku di lingkungan sekolah, perilaku di luar sekolah, dan berbagai tindakan kenakalan yang dapat merugikan diri sendiri dan masyarakat. Kenakalan remaja termasuk merokok, mengonsumsi miras, terlibat dalam geng motor, pelanggaran berkendaraan, termasuk penggunaan knalpot brong, serta perilaku berbahaya seperti balap liar yang dapat mengakibatkan tindakan pencurian dan penyalahgunaan narkoba.

Kepala Sekolah, Winarti Rahayu, S.Pd, berharap melalui kegiatan ini para siswa-siswi dapat lebih memahami pentingnya menghindari perilaku bullying, menjaga etika dalam bermedia sosial, dan menghindari kenakalan remaja. "Hal ini diharapkan dapat membentuk generasi muda yang lebih baik dan bertanggung jawab di masa depan," ujarnya.

Sementara itu Kapolsek Sawit AKP Surdjadi, Menyampaikan komitmen untuk terus melakukan kegiatan serupa guna menjaga dan meningkatkan kesadaran masyarakat, terutama generasi muda, terhadap isu-isu penting seperti bullying dan kenakalan remaja. Dengan upaya bersama, diharapkan lingkungan sekolah dan masyarakat bisa menjadi tempat yang lebih aman dan positif bagi semua,” tutup Kapolsek.