Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

KPU Gelar Kirab Pemilu Tahun 2024, Jadi Tontonan Warga Boyolali

Boyolali – Kapolres Boyolali Hadiri momen bersejarah Acara Serah Terima Kirab Pemilu Tahun 2024 dengan tema "Pemilu Sebagai Sarana Integrasi Bangsa." Bertempat di Tugu Jagung dan Pendopo Ageng Boyolali Komplek Perkantoran Terpadu Pemkab Boyolali, Kelurahan Kemiri, Kecamatan Mojosongo, Kabupaten Boyolali, pada hari sabtu (21/10/2023), siang.

Acara yang diselenggarakan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Boyolali ini dihadiri oleh Bupati Boyolali, Bapak Muh Said Hidayat, Kapolres Boyolali, AKBP Petrus Parningotan Silalahi, Komandan Kodim 0724 Boyolali, Letkol Inf. Wiweko Wulang Widodo, Ketua DPRD Boyolali, Kepala Badan Kesatuan Bangsa Dan Politik Kabupaten Boyolali, serta jajaran para pejabat daerah, perwakilan partai politik.  dan tokoh Masyarakat yang dihadiri lk. 500 orang.

Rangkaian acara dimulai dengan registrasi PPK, persiapan penyambutan rombongan KPU Kota Surakarta di Tugu Jagung, dan penyambutan rombongan tersebut dengan penampilan dari marching band. Di Pendopo Gede Alun-Alun Kidul Boyolali, dan tamu undangan melakukan registrasi.

Acara tersebut dimulai dengan pengibaran bendera dan menyanyikan Lagu Indonesia Raya serta jingle Pemilu 2024. Dilanjutkan dengan pembacaan doa lintas agama oleh pemuka agama Islam, Kristen, Katolik, Budha, dan Hindu.

Sekretaris KPU, Ibu Rizki Veriyanti, SE, MM, menyampaikan laporan penyelenggaraan kegiatan dengan fokus pada sosialisasi kepada masyarakat untuk meningkatkan partisipasi pemilih dalam Pemilu 2024 dengan tema "Pemilu Sebagai Sarana Integrasi Bangsa."

Ketua KPU Kabupaten Boyolali, Bapak Ali Fahrudin, SH, berbicara tentang pentingnya kegiatan Kirab Pemilu ini sebagai sarana untuk memahami 18 partai politik peserta Pemilu tahun 2024 dan sebagai momen baik untuk mempersatukan bangsa.

Ketua KPU Kota Surakarta, Ibu Nurul Sutarti, SP, M.Si, mengucapkan terima kasih kepada KPU Boyolali dan menyerahkan 18 bendera partai politik kepada KPU Boyolali untuk estafet berikutnya, berharap Pemilu 2024 berjalan sukses tanpa masalah.

Bupati Boyolali, Bapak Muh. Said Hidayat, SH, mengajak semua pihak untuk bersama-sama mensukseskan Pemilu 2024, mengingatkan pentingnya menjaga persatuan, dan menggarisbawahi semangat Boyolali Metal untuk menciptakan keceriaan dan persaudaraan di tengah masyarakat.

Selanjutnya, dilaksanakan serah terima bendera Kirab Pemilu 2024 dari KPU Kota Surakarta kepada KPU Kabupaten Boyolali, penandatanganan berita acara serah terima, dan penyerahan cenderamata Kirab Pemilu 2024.

Acara kemudian ditutup dengan pembacaan dan penandatanganan deklarasi Pemilu sebagai sarana integrasi bangsa, serta penyerahan cenderamata kepada Forkompinda Boyolali dan hiburan tari topeng Ireng. Seluruh peserta bersiap untuk pawai keliling yang akan melibatkan Bupati Boyolali dan diikuti oleh berbagai tokoh masyarakat dan partai politik.

Pawai Kirab Pemilu 2024 ini juga disakasikan banyak warga dengan rute yang melalui sejumlah jalan utama di Boyolali, dimulai dari Alun-Alun Kidul Boyolali hingga finish di Kantor KPU Kabupaten Boyolali.

Dalam kesempatan tersebut Kapolsek Mojosongo, AKP Tri Mulyono, menyampaikan Acara berjalan sukses dan aman dengan pengamanan dari Personil jajaran Polres Boyolali, Bersama instansi terkait. Ia menambahkan Kirab Pemilu Tahun 2024 ini menjadi langkah awal dalam mempersatukan masyarakat untuk menghadapi Pemilu tahun 2024 dengan semangat persatuan dan kegembiraan,” pungkasnya.