Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tingkatkan Kemampuan Anggota, Sat Samapta Latkatpuan Raimas

Boyolali - Satuan Samapta Polres Boyolali Polda Jawa Tengah menggelar latihan Pengurai Massa (Raimas) sebagai bagian dari upaya meningkatkan kemampuan dan fungsi Samapta dalam pengamanan unjuk rasa. Latihan ini berlangsung di halaman Mapolres Boyolali pada Kamis (26/10/2023) pagi.

Satuan Samapta Polres Boyolali, selain memiliki Peleton Pengendalian Massa (Dalmas), juga memiliki Peleton Raimas memiliki peran khusus sebagai kelompok yang bertugas untuk mengurai massa dan bertanggung jawab dalam meredakan situasi massa yang berpotensi mengancam ketertiban umum.

Dalam sesi latihan ini, para anggota dilatih untuk menggunakan sepeda motor jenis KLX dan diuji kemampuannya dalam mengatasi berbagai medan yang mungkin akan dihadapi anggota dalam situasi riuh-rendah. Dalam menjalankan latihan ini, anggota dilengkapi dengan perlengkapan pelindung seperti body protector, helm, masker, dan senjata gas air mata (Flash Ball). Mereka berlatih dengan menggunakan formasi ber saff untuk memastikan kohesivitas dan ketangguhan dalam menghadapi situasi yang mungkin tidak terduga.

Kapolres Boyolali, AKBP Petrus Parningotan Silalahi, S.H., S.I.K., M.H., melalui Kasat Samapta AKP Cahyo Nugroho, SH, menjelaskan bahwa latihan ini merupakan bagian dari program rutin Satuan Samapta Polres Boyolali. Tujuan utamanya adalah untuk terus meningkatkan kemampuan anggota, terutama dalam menghadapi situasi-situasi kritis seperti pengamanan Pemilu 2024 yang semakin mendekat. Kasat Samapta menambahkan bahwa Peleton Raimas juga memiliki peran strategis sebagai kekuatan penindak tahap awal dan berperan sebagai stabilitas dalam mencegah anarki dalam setiap kegiatan yang memerlukan pengamanan,” tandasnya.

Dengan latihan Raimas yang intensif seperti ini, Polres Boyolali siap menghadapi segala tantangan dan menjaga ketertiban serta keamanan dalam unjuk rasa atau situasi sejenisnya di masa mendatang,” Tutup Kasat Samapta.