Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bhabinkamtibmas Tamansari Membangun Keterikatan Positif dengan Anak-Anak Melalui Kegiatan Polisi Sahabat

Boyolali – Bhabinkamtibmas Polsubsektor Tamansari, Brigadir Winarno Adi, mengunjungi siswa-siswi SDN 1 Dragan di Kecamatan Tamansari Kabupaten Boyolali. Kegiatan ini merupakan bagian dari upaya Polri dalam mendekatkan diri dengan masyarakat, khususnya anak-anak, melalui program Polisi Sahabat Anak (PSA). Hari Kamis (23/11/2023) pagi.

Ketika citra polisi sering kali dihubungkan dengan kewibawaan yang membuat ketakutan, Brigadir Winarno memperlihatkan sisi berbeda. Dia bertekad untuk mengubah pandangan anak-anak tentang polisi menjadi sosok yang dekat, ramah, dan peduli terhadap keselamatan mereka.

Program Polisi Sahabat Anak tidak hanya tentang membangun hubungan positif antara polisi dan anak-anak, tetapi juga mengedukasi mereka tentang kesadaran hukum sejak dini. Dalam kunjungannya, Brigadir Winarno memberikan berbagai bimbingan dan himbauan penting kepada para siswa, seperti:

Pengenalan Tugas dan Profesi Polisi, Anak-anak diperkenalkan dengan tugas dan profesionlisme polisi, membantu mereka memahami peran serta pentingnya polisi dalam menjaga keamanan masyarakat.

Membangun Kepercayaan, memberikan kesan positif sehingga anak-anak merasa nyaman dan tidak takut terhadap polisi, mendorong mereka untuk selalu meminta izin atau doa dari orang tua sebelum berangkat ke sekolah atau meninggalkan rumah.

Menumbuhkan Kesadaran Sosial, Anak-anak diarahkan untuk selalu mematuhi perintah orang tua dan guru, serta ditanamkan pemahaman bahwa polisi adalah teman yang humanis dan bersahabat.

Pencegahan Perundungan dan Saling Menghormati, Mengajak anak-anak untuk menghindari perundungan, menghormati sesama teman, serta mendorong semangat belajar demi menjadi generasi yang berguna bagi keluarga dan bangsa.

Melalui pendekatan yang hangat dan informatif, Brigadir Winarno Adi berharap program Polisi Sahabat Anak ini dapat membantu membentuk karakter positif pada anak-anak sejak dini, menciptakan hubungan yang harmonis antara polisi dan masyarakat, serta menciptakan generasi yang cerdas dan bertanggung jawab di masa depan,” pungkasnya.