Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Forkopimda Boyolali Adakan Rapat Kesiapan Pemilu 2024 dan Menyambut Hari Natal 2023 dan Tahun Baru 2024

 

Boyolali - Sebuah rapat koordinasi Forkompimda digelar dalam rangka kesiapan menyambut Pemilu 2024 dan merayakan Hari Natal 2023 serta Tahun Baru 2024. Rapat tersebut berlangsung di Pendopo Gedhe Kabupaten Boyolali, Pada hari Rabu, (22/11/2023), siang.

Hadir dalam kegiatan tersebut antara lain: Bupati Boyolali Bapak Muh. Sa'id Hidayat, Wakil Bupati Boyolali Bapak Wahyu Irawan, Kapolres Boyolali AKBP Petrus Parningotan Silalahi, Dandim 0724 Boyolali Letkol Inf Wiweko Wulang Widodo, Kepala Pengadilan Negeri Boyolali Radityo Baskoro, Kajari Boyolali Bapak Agita Tri Moertjahjanto, Danlanud Adi Soemarmo yang diwakili oleh Danskadik 405 Letkol POM Eko Mujiono, Sekda Boyolali Ibu Dra. Wiwis Trisiwi Handayani, Ketua Kemenag Boyolali Bapak H. Taufiqur Rahman, Ketua KPU Kabupaten Boyolali Ibu Maya Yudayanti, Pju beserta Kapolsek Polres Boyolali, serta Danramil Jajaran Kodim 0724 Boyolali.

Hadir Pula Ketua Bawaslu Kabupaten Boyolali yang diwakili oleh Kordiv Hukum & Penyelesaian Sengketa Bapak Lilik Wahyu Catur Wibowo, dan Kordiv Penanganan Pelanggaran & Datin Bapak Agus Marwanto, Staf Ahli Bupati, Asisten Sekda, dan Kepala OPD Kabupaten Boyolali, Para Camat Jajaran Se Kabupaten Boyolali, Kepala/Pimpinan Instansi Vertikal di Kabupaten Boyolali,Pimpinan BUMN/BUMD Kabupaten Boyolali, Pimpinan Perbankan Boyolali.

Acara dibuka dengan menyanyikan Lagu Kebangsaan Indonesia Raya dan doa. Kemudian, Kepala Badan Kesbangpol Kabupaten Boyolali, Bapak Arif Budi Nuranto, menyampaikan laporan panitia penyelenggaraan. Dalam laporannya, disampaikan bahwa rapat ini diselenggarakan untuk melakukan koordinasi dan antisipasi potensi masalah dan konflik di wilayah Kabupaten Boyolali guna suksesnya Pemilu 2024.

Sambutan dari Bupati Boyolali, Bapak Muh. Sa'id Hidayat, menyoroti pentingnya kesuksesan Pemilu 2024 dan persiapan menyambut Natal 2023 dan Tahun Baru 2024. Beliau menekankan perlunya menjaga harmoni dan kondusifitas di Kabupaten Boyolali. Dalam sambutannya, Bupati juga mengingatkan tentang peraturan terkait simbol tangan dan menekankan netralitas dalam gerak tangan selama pemilu.

Selanjutnya, Sekda Boyolali, Ibu Dra. Wiwis Trisiwi Handayani, memimpin jalannya rapat koordinasi. Dia menjelaskan tentang surat edaran terkait pengawasan ASN dalam tahapan pemilu 2024.

Paparan-paparan dilakukan oleh Kodim 0724 Boyolali, Polres Boyolali, Kejaksaan Negeri Boyolali, dan KPU Boyolali, masing-masing menyampaikan kesiapan dan langkah-langkah yang akan diambil dalam menghadapi Pemilu 2024.

Dalam paparan dari KPU Kabupaten Boyolali oleh Ibu Maya Yudayanti, S.Sos., disampaikan informasi terkait jumlah partai politik peserta pemilu, Daftar Pemilih Tetap (DPT), tahapan pemilu, dan persiapan logistik.

Dandim 0724 Boyolali, Letkol Inf Wiweko Wulang Widodo S.Pd, M.Han, menyoroti kesiapan pengamanan terkait dengan Natal dan Pemilu 2024. Dia menekankan pentingnya antisipasi terkait terorisme, radikalisme, bencana alam, dan faktor-faktor lain yang dapat mempengaruhi keamanan.

Kasat Intelkam Polres Boyolali IPTU Eko Budi S, S.H., menyampaikan informasi terkait kalender kamtibmas, pola pengamanan selama pemilu, serta upaya-upaya yang dilakukan oleh kepolisian untuk menjaga netralita,” jelas Kasat intel.

Sementara itu Kapolres Boyolali Akbp Petrus Parningotan,yang hadir terlambat dalam rapat karena ada tugas Lain, menambahkan terkait Kegiatan besar Tahunan, kalender kamtibmas jelang Natal dan Tahun Baru 2024, mengenai pola pengamanan, antisipasi laka lalin dan potensi gangguan keamanan lainnya yang perlu di antispasi.

Akbp Petrus juga menyampaikan Ucapan terimakasih kepada instansi semuanya yg sudah sinergi dengan kami dimana kami menjadi leading sektor dalam pengamanan. Ucapan terimakasih juga kepada ibu Setda yang telah memberikan bantuan dalam pembangunan pos di Exit Mojosongo, Boyolali,” ujar Kapolres.

Kajari Boyolali, Bapak Agita Tri Moertjahjanto, S.H., M.H., menjelaskan peran Kejaksaan Negeri Boyolali dalam pemilu, mengidentifikasi kerawanan yang mungkin terjadi, dan menyampaikan kesiapan kejaksaan dalam mengawal pemilu,” jelas Kajari.

Rapat dilanjutkan dengan tanya jawab dan kesimpulan. Wakil Bupati Boyolali, Bapak Wahyu Irawan, S.H., menyimpulkan bahwa semua pihak yang hadir telah menunjukkan kesiapan dalam menyambut Pemilu 2024 dan merayakan Natal 2023 serta Tahun Baru 2024. Ia menegaskan komitmen Pemda Boyolali untuk mendukung suksesnya Pemilu 2024.

Rapat ini diakhiri dengan harapan bahwa segala persiapan yang telah dilakukan dapat berjalan dengan lancar dan sukses, menciptakan kondisi aman dan kondusif di Kabupaten Boyolali.