Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kapolres Boyolali Berikan Arahan Bhabinkamtibmas dalam Menghadapi Pemilu 2024

Boyolali - Kesiapan dalam menghadapi Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 menjadi fokus utama dalam apel yang dipimpin oleh Kapolres Boyolali, AKBP Petrus P. Silalahi, kepada seluruh Bhabinkamtibmas. Kegiatan tersebut berlangsung Halaman kantor Satreskrim Polres Boyolali, pada hari Rabu, (22/11/2023), pagi.

Dalam kegiatan yang dihadiri kasat Binmas Akp Maryanto, dan sejumlah perwira dan staf terkait, yang di ikuti oleh 122 Personil Bhabinkamtibmas Polres Boyolali.

Kapolres Boyolali dalam arahannya menyampaikan penekanan penting kepada para Bhabinkamtibmas guna memastikan kelancaran dan keamanan proses Pemilu mendatang.

Beberapa poin penekanan yang disampaikan oleh Kapolres Boyolali dalam Apel tersebut kepada Bhabinkamtibmas antara lain:

Antisipasi Potensi Gangguan Kamtibmas pada Tahapan Pemilu 2024

Bhabinkamtibmas diminta untuk mewaspadai potensi gangguan keamanan pada tahapan Pemilu 2024. Mereka diingatkan untuk menghindari isu-isu yang sensitif serta menjunjung tinggi netralitas Polri demi menjaga integritas institusi.

Keterlibatan Aktif Bhabinkamtibmas dalam Masyarakat

Kehadiran dan keterlibatan Bhabinkamtibmas di tengah masyarakat sangat diharapkan untuk menciptakan situasi kamtibmas yang kondusif. Mereka juga diminta turut serta dalam menjaga "cooling system" untuk mewujudkan Pemilu yang aman dan damai.

Tindakan yang Dilarang bagi Bhabinkamtibmas

Sejumlah larangan ditegaskan kepada Bhabinkamtibmas, seperti tidak boleh membantu peserta Pemilu atau partai politik dalam distribusi logistik, menghadiri kegiatan partai politik, atau mendekati tokoh-tokoh berpengaruh. Larangan juga termasuk dalam hal pemasangan alat peraga pemilu serta mengambil foto bersama peserta Pemilu atau simbol-simbol tertentu.

Pemetaan Kerawanan di Wilayah Masing-masing

Setiap Bhabinkamtibmas diminta untuk memiliki peta kerawanan di wilayahnya, termasuk pemetaan petugas penyelenggara Pemilu dan petugas dari partai politik guna memastikan keamanan dan kelancaran pelaksanaan Pemilu.

Dengan arahan dan pedoman yang jelas dari Kapolres Boyolali, dan Dalam kesempatan apel tersebut dilaksanakan pembagian Buku Saku pedoman Pemilu, serta pengecekan Kendaraan Roda dua Inventaris Bhabinkamtibmas, diharapkan peran Bhabinkamtibmas dalam menjaga keamanan dan ketertiban menjelang serta saat pelaksanaan Pemilu 2024 dapat berjalan dengan baik dan sesuai dengan tata tertib yang telah ditetapkan.