Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Police Goes To School Fokus Pada Pencegahan Bullying Di Smpn 5 Boyolali

Boyolali - Satuan Binmas Polres Boyolali mengadakan acara pembinaan dan penyuluhan pencegahan bullying yang berlangsung di SMPN 5 Boyolali pada hari Kamis (2/11/2023), siang.

Kegiatan tersebut dihadiri olehKanit Bintibsos Aiptu Tirta Hidayat jati, bersama anggota satbinmas polres boyolali. Kepala PPA Boyolali Siti Mashitoh, Kepala Sekolah Smp N 5, Boyolali, para Guru dan lk. 100 siswa-siswi, sekolah tersebut.

Dalam acara ini, sejumlah agenda menarik dipresentasikan, termasuk sambutan dari Kepala Bidang SMP Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Boyolali, serta dua materi utama tentang pencegahan bullying.

Acara dimulai dengan sambutan dari Kepala Bidang SMP Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Boyolali. Ia memberikan pandangan penting mengenai peran sekolah dan lingkungan dalam mencegah bullying, serta menekankan pentingnya menciptakan lingkungan yang aman dan mendukung untuk seluruh siswa-siswi.

Materi kedua disampaikan Kepala PPA Boyolali Siti Mashitoh yang berbicara tentang perlindungan perempuan dan anak. Materi ini menyoroti pentingnya melindungi hak-hak perempuan dan anak-anak, serta memberikan wawasan tentang bagaimana mencegah pelecehan dan kekerasan terhadap mereka.

Kemudian, Kanit Bintibsos Sat Binmas Polres Boyolali memberikan materi tentang Anti Bullying, menjelaskan apa itu bullying, dampaknya, serta strategi untuk mencegah dan mengatasi bullying. Dalam materinya, Kanit Bintibsos Sat Binmas Polres Boyolali menekankan bahwa pendekatan preventif adalah langkah utama dalam memerangi bullying.

Terakhir, materi dari Briptu Nanda Ratya P. S.H. tentang pencegahan bullying menjadi penutup acara ini. Ia memberikan wawasan hukum seputar bullying, serta langkah-langkah yang bisa diambil oleh korban atau saksi dalam kasus bullying.

Kasat binmas Polres Boyolali Akp Maryanto, pada kesempatan berbeda saat di temuai humas Polres menyampaikan, Acara pembinaan dan penyuluhan ini diharapkan dapat memberikan pemahaman yang lebih baik kepada para siswa tentang pentingnya menghindari perilaku bullying, serta mendorong mereka untuk berpartisipasi aktif dalam mencegah dan mengatasi masalah ini,” katanya.

Akp Maryanto, menambahkan. Dengan terselenggranya kerja sama antara pihak sekolah dan kepolisian, diharapkan bullying dapat diminimalisir, sehingga dapat menciptakan lingkungan yang aman dan nyaman bagi seluruh siswa di SMPN 5 Boyolali, serta masyarakat Boyolali,” tutupnya.