Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Polres Boyolali Gelar Upacara Penghormatan Terakhir Briptu Anumerta Alfian Sidik Permana

Boyolali - Polres Boyolali menggelar upacara persemayaman dan pemakaman dengan penuh kehormatan untuk mengantar almarhum Briptu Alfian Sidik Permana, S.H., Ba Satintelkam Polres Boyolali, pada hari Sabtu, (18/11/2023), siang.

Upacara persemayaman diadakan di Rumah Duka Dk. Ngesrep RT 002 RW 002, Ds. Ngaru-Aru, Kec. Banyudono, Kab. Boyolali, dengan Inspektur Upacara (Irup) Kapolres Boyolali, AKBP Petrus Parningotan Silalahi. Turut hadir Wakapolres, PJU, para Kapolsek, dan peserta upacara dari Anggota Polres Boyolali serta Anggota Kodim 0724/Boyolali.

Acara dihadiri pula oleh Ketua dan pengurus Bhayangkari Cabang Boyolali, serta PP Polri Kab. Boyolali dan takjiah sebanyak 500 orang.

Kegiatan upacara persemayaman di rumah duka meliputi beberapa tahap, termasuk penyerahan jenazah oleh pihak keluarga kepada Irup untuk dimakamkan secara militer, penerimaan jenazah oleh Irup, amanat, dan pengeluaran jenazah dari Rumah Duka dengan penghormatan yang dipimpin oleh Komandan Upacara (danup) dengan khidmat dan rasa duka yang mendalam oleh para tamu yang hadir.

Setelah upacara persemayaman, jenazah diantar ke Pemakaman TPU Astonoloyo, Dk. Kauman, Ds. Jipangan, Kec. Banyudono, Kab. Boyolali.

Inspektur upacara pemakaman diambil alih oleh Wakapolres Boyolali, Kompol Aldino Agus Anggoro. Petugas upacara pemakaman melibatkan Perwira Upacara Kapolsek Banyudono Iptu Agus Satriya, Komandan Upacara Ipda Ardy Firnanda, Pembawa Acara Bripka Tutik Lestari, dan Briptu Siti Hartina, serta pembaca doa Ipda Fahrudin Hidayat dan pembaca riwayat hidup Briptu Bagas Arie Bamin Subbagwatpers Bag SDM.

Hadir dalam upacara pemakaman, selain Kapolres Boyolali dan PJU Polres Boyolali, juga melibatkan TNI Kodim 0724/Boyolali, Ketua dan pengurus Bhayangkari Cabang Boyolali, serta PP Polri Kab. Boyolali.

Upacara pemakaman mencakup beberapa tahap, seperti persiapan pasukan, laporan perwira upacara kepada inspektur upacara, pembacaan riwayat hidup singkat, pembacaan Apel Persada, penurunan jenazah, penghormatan pasukan kepada jenazah, penaburan bunga simbolis oleh perwakilan keluarga, penimbunan liang lahat secara simbolis oleh keluarga, pembacaan doa, penghormatan pasukan kepada arwah almarhum, laporan komandan upacara kepada inspektur upacara, dan inspektur upacara meninggalkan tempat upacara.

Kapolres Boyolali AKBP Petrus P. Silalahi menyatakan, "Kegiatan Upacara ini menjadi penghormatan terakhir untuk almarhum Briptu Alfian Sidik Permana, yang telah memberikan kontribusi besar bagi keamanan dan keselamatan masyarakat Boyolali. Kami mengucapkan belasungkawa yang mendalam kepada keluarga yang ditinggalkan," tutupnya.