Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Polres Boyolali Ikuti Gelar Pelatihan Olah Strategi Operasi Mantap Brata 2023

 

Boyolali - Polres Boyolali gelar pelatihan olah strategi dalam rangka Operasi Mantap Brata Candi (OMBC) 2023-2024. Kegiatan ini berlangsung melalui platform Zoom Meeting dan diadakan di Aula Bhara Merbabu Polres Boyolali pada hari Senin (6/11/2023) pagi.

Pelatihan ini dihadiri oleh Kepala Kepolisian Resor (Kapolres) Boyolali didampingi Para Pju Polres Boyolali dan Kasatgas Satfungsi OMBC,  beserta seluruh operator Satuan Tugas (Satgas) OMBC.

Dalam sesi Zoom Meeting tersebut, Karopenmas Divisi Humas Polri, Brigjen Ahmad Ramadhan, mengungkapkan bahwa lebih dari seribu anggota ikut serta dalam pelatihan ini.

"Hari ini, Mabes Polri melaksanakan latihan olah strategi di dua tempat, diantaranya di Gedung Utama Ruang Pusdalsis sebagai lokasi pengendali operasi yang dipimpin oleh Asops Kapolri sebagai Dir Latihan bersama dengan perangkat latihan. Kemudian, di gedung Presisi lantai 7 diikuti oleh seluruh satgas, dengan 9 satgas di Operasi Mantap Brata tingkat pusat, dan 34 Kasatgas atau Kapolda serta 528 Kapolres yang bergabung melalui Zoom," ungkap Ramadhan di Mabes Polri, Jakarta, Senin (6/11/2023).

Ramadhan menjelaskan bahwa pelatihan ini bertujuan untuk memantapkan kemampuan di semua tingkatan, mulai dari level strategi, manajerial, hingga level taktikal. Tingkatan strategi adalah untuk pimpinan, tingkatan manajerial melibatkan Kasatgas, dan tingkatan taktikal melibatkan Kasubsatgas dan pelaksana lainnya.

"Jadi, semua level terlibat dalam latihan ini, dari tingkat strategi, manajerial, hingga taktikal," tambahnya.

Ramadhan juga mengungkapkan perbedaan dalam pelaksanaan Operasi Mantap Brata tahun ini dengan lima tahun sebelumnya. Perbedaan utamanya adalah adanya latihan olah strategi yang melibatkan semua tingkatan. Hal ini, menurut Ramadhan, diharapkan dapat meningkatkan kemampuan di semua tingkatan, yang pada akhirnya akan memaksimalkan pelaksanaan Operasi Mantap Brata.

Dalam pengendalian operasi, setiap Kasatgas diminta untuk memahami tugasnya dengan baik, sehingga dapat menjalankannya secara efisien. Tingkatan manajerial diharapkan dapat menerima perintah, menjelaskannya, dan mendistribusikannya ke subsatgas masing-masing. Para pelaksana subsatgas diharapkan dapat melaksanakan tugas dengan baik, menerima perintah, dan melaporkan hasil pelaksanaan kepada pimpinan. Semua upaya ini dilakukan untuk memastikan pelaksanaan Operasi Mantap Brata berjalan aman, tertib, damai, dan lancar,m" terang karopenmas melalui Zoom meeting.

Dalam kesempatan tersebut, Kapolres Boyolali, AKBP Petrus Parningotan, selaku Wasopsres secara rinci memeriksa kesiapan Operator Subsatgas OMBC Polres Boyolali yang terlibat dalam pelatihan tersebut. Sementara itu, para Operator Subsatgas dengan perlengkapannya masing-masing mengikuti kegiatan tersebut dengan membuat narasi laporan sesuai petunjuk dari zoom dan mempraktekkan langsung dalam pelaporan Satgasnya.

Kapolres berharap, melalui pelatihan ini, semua anggota yang terlibat akan memperoleh pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan serta memahami tugasnya dengan baik, sehingga dapat menjalankannya secara efisien. Dengan upaya ini juga didapatkan kelancaran dalam menjalankan Tugas Operasi Mantap Brata Candi 2023, khususnya menjelang pelaksanaan Pemilu yang aman, tertib, damai, dan lancar," pungkasnya.