Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kasat Binmas Polres Boyolali Hadiri Rapat Koordinasi Perlindungan dan Pengamanan Hutan Balai Taman Nasional Gunung Merbabu


Boyolali – Polres Boyolali melalui Kasat Binmas, AKP Maryanto, mewakili Kapolres Boyolali dalam Rapat Koordinasi Perlindungan dan Pengamanan Hutan Balai Taman Nasional (BTN) Gunung Merbabu yang diadakan di Aula Kantor Desa Tarubatang, Kecamatan Selo, Kabupaten Boyolali, pada Jumat (22/12/2023) siang.

Rapat koordinasi ini dihadiri oleh sejumlah pihak terkait, termasuk Kepala Balai Taman Gunung Merbabu, Dr. Nurpana Sulaksono, Direktorat Jenderal Gak Kum KLHK, Agus Mardiyanto, S.H., M.H., Camat Selo, Bambang Suratno, para Kepala Desa sekecamatan Selo, Kapolsek Selo Iptu Kiryanto, Danramil Selo Kapten Sri Widodo, Bhabinkamtibmas, Babinsa, Anggota Ranger, serta Perwakilan Kepala RT dan Pemuda dari Desa Selo dan Tarubatang.

Rangkaian acara dalam rapat koordinasi ini dimulai dengan Pembukaan, dilanjutkan dengan menyanyikan Lagu Indonesia Raya, doa, serta sambutan dari Kepala BTN Gunung Merbabu mengenai dukungan pemerintah daerah dalam pembangunan kawasan konservasi. Sambutan dari Direktorat Jenderal Gak Kum KLHK juga memberikan sosialisasi mengenai perundang-undangan dalam bidang Kehutanan.

Sambutan dari Kasat Binmas menggarisbawahi peran serta masyarakat dalam menjaga kelestarian hutan melalui kesadaran dan pemahaman akan aturan yang berlaku, sehingga tercipta keseimbangan baik dalam aspek kesenjangan maupun keamanan, dan juga pencegahan pembakaran Lahan Garapan warga yang membahayakan, karena dapat membakar Lahan hutan gunung merbabu.

Pembahasan utama dalam rapat ini adalah terkait penghentian pembawaan porter oleh beberapa warga Desa Selo kepada para pendaki melalui jalur tidak resmi, untuk pencegahan Laka yang tidak diinginkan, serta pencegahan Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla).

Kegiatan rapat berlangsung hingga selesai dengan situasi yang terkendali. Harapannya, rapat ini dapat memperkuat sinergi antara instansi terkait dan masyarakat dalam menjaga kelestarian hutan di kawasan Gunung Merbabu, memastikan adanya koordinasi yang efektif untuk perlindungan dan pengamanan lingkungan.