Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Datangi Satkamling Polisi Berikan Imbauan dan Sosialisasi Stop Penggunaan Knalpot Brong di Karanggede

Boyolali - Patroli Polsek Karanggede di bawah pimpinan Kanit Spkt (Sentra Pelayanan Kepolisian Terpadu) Aiptu Sunarno, melaksanakan kegiatan himbauan dan sosialisasi kepada awak kamling di Dukuh Karang Gondang, Rt01/Rw04, Desa Sranten, Kecamatan Karanggede, pada Kamis (18/01/2024), malam.

Dalam kegiatan ini, petugas Polsek Karanggede memberikan himbauan kepada awak kamling mengenai pentingnya menghentikan penggunaan knalpot brong. Kegiatan sosialisasi ini bertujuan untuk menciptakan kesadaran bersama dalam mematuhi aturan penggunaan knalpot yang sesuai dengan peraturan lalu lintas.

Kapolsek Karanggede AKP Suranto Widodo, menyatakan dalam patroli tersebut Petugas menyampaikan poin-poin imbauan dan sosialisasi antara lain:
Penjelasan tentang larangan penggunaan knalpot brong berdasarkan peraturan lalu lintas yang berlaku.
Dampak negatif dari penggunaan knalpot brong terhadap lingkungan dan kesehatan masyarakat sekitar. Serta menyampaikan Konsekuensi hukum bagi pelanggaran penggunaan knalpot brong
Suranto Widodo menambahkan, imbauan ini dikeluarkan menyusul masih didapatinya warga masyarakat yang menggunakan knalpot brong di jalan raya, baik secara perorangan maupun kelompok.
"Larangan ini sudah jelas sebagaimana tercantum dalam undang-undang nomor 22 tahun 2009 tentang lalu lintas dan angkutan jalan maupun peraturan menteri lingkungan hidup RI nomor 56 tahun 2019 tentang Baku Mutu kebisingan kendaraan Bermotor” ," katanya.

Dirinya meminta peraturan ini dipatuhi serat peran aktif seluruh lapisan masyarakat mengingat dampak knalpot brong yang mengakibatkan polisi suara dan berpotensi menciptakan konflik sesama warga.

Pada kesempatan tersebut, petugas Polsek Karanggede juga memberikan kesempatan kepada awak kamling untuk bertanya atau memberikan masukan terkait permasalahan knalpot brong. Kegiatan ini diharapkan dapat menciptakan pemahaman yang lebih baik di kalangan masyarakat, sehingga tercipta lingkungan yang lebih nyaman dan aman menuju pemilu damai tahun 2024,” tutupnya.

Selama kegiatan berlangsung, atmosfer tetap kondusif dan penuh kerjasama antara petugas Polsek Karanggede dengan awak kamling. KaSpkt-2 Aiptu Sunarno berharap bahwa kegiatan ini dapat memberikan dampak positif dan mendorong masyarakat untuk patuh terhadap aturan lalu lintas demi terwujudnya keselamatan berlalu lintas.