Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pembekalan Relawan Tanggap Bencana Dan Bakti Sosial Dampak Cuaca Ekstrim, Desa Dukuh oleh Polres Boyolali.


Boyolali - Polres Boyolali melalui Unit Binmas Polsek Banyudono menggelar kegiatan pembekalan Relawan Tanggap Bencana (RETAB) dan Bakti Sosial bersih-bersih Lingkungan di Desa Dukuh, Kecamatan Banyudono, Kabupaten Boyolali, pad sabtu (06/01/2024), siang.

Kegiatan ini bertujuan untuk mempersiapkan relawan dalam menghadapi situasi darurat dan memberikan pengetahuan serta keterampilan dalam menanggulangi dampak bencana alam.

Acara ini dihadiri oleh Kepala Desa Dukuh Sartono, Kanit Binmas Polsek Banyudono Aiptu Susmono, Bhabinkamtibmas Desa Dukuh Aipda Ali Munandir, Babinsa Koramil banyudono Sertu Wayan, serta diikuti oleh 20 orang relawan tanggap bencana.

Ketua RETAB Triyono, yang juga menjabat sebagai Kadus 1 Desa Dukuh, memimpin kegiatan ini. Pembekalan dimulai dengan pemaparan dari BPBD Boyolali yang disampaikan perwakilan Wandi. Materi yang disampaikan meliputi cara menanggulangi bencana alam, terutama terkait penanganan pohon yang tumbang. Relawan diberikan informasi tentang prosedur pemotongan pohon yang benar, penggunaan perlengkapan pelindung diri, dan dilanjutkan dengan praktek lapangan.

Kegiatan ini menjadi sangat relevan mengingat cuaca ekstrim yang terjadi baru-baru ini, dengan angin kencang disertai hujan, menyebabkan banyak pohon tumbang di wilayah kecamatan Banyudono dan Wilayah lain di Boyolali. Dengan pembekalan ini, diharapkan relawan tanggap bencana dapat memberikan respon cepat dan tepat dalam menanggulangi dampak bencana alam di wilayah Desa setempat.

setelah kegiatan Pembekalan selesai Relawan Bersama TNI-Polri melaksanakan bakti Sosial bersih-bersih Saluran Air untuk melancarkan arus air agar tidak terjadi sumbatan yang mengakibatkan genangan air di lingkungan rumah warga.

Sementara itu Kapolsek Banyudono AKP Agus Satriyo melalui Kanit Binmas Aiptu Susmono menyampaikan, "Kami berharap bahwa relawan tanggap bencana yang telah mendapatkan pembekalan ini dapat menjadi garda terdepan dalam memberikan bantuan dan pertolongan kepada masyarakat ketika terjadi bencana alam," ujarnya.

Unit Binmas Polsek banyudono, Polres Boyolali, mengapresiasi partisipasi aktif seluruh pihak dalam kegiatan ini, menegaskan bahwa sinergi antara masyarakat dan kepolisian sangat penting dalam membangun ketahanan darurat bencana di wilayah tersebut.