Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Polsek Teras Cek Motor Pelajar Cegah Penggunaan Knalpot Bising di SMP Negeri 1 Teras

Boyolali – Kepolisian Sektor Teras, PolresBoyolali, melalui Kanit Binmas Aiptu Jamasri dan Kanit Sabhara Aipda Bahtiar SH melaksanakan kegiatan pengecekan Sepeda Motor berknalpot tidak sesuai spesifikasi teknis bersuara bising di SMP Negeri 1 Teras. Kamis (25/01/2024), pagi.

Kegiatan ini merupakan langkah preventif dalam menciptakan keamanan dan ketertiban di lingkungan sekolah serta mendukung kampanye anti-knalpot brong.

Hadir dalam kegiatan ini beberapa pihak, antara lain Kapolsek diwakili Kanit Binmas Aiptu Jamasri, Kepala Sekolah diwakili kesiswaan Ibu Hendraningsih S. Pd, Kanit Sabhara Aipda Bahtiar SH, Kepala TU Ibu Dewi Purwani S. Pd, dan security Bapak Joko Subagyo.

Saat dikonfirmasi Kapolsek AKP Wahyudi yang diwakili Kanit Binmas Aiptu Jamasri menyampaikan, hasil pengecekan menunjukkan bahwa terdapat 9 siswa yang kedapatan menggunakan knalpot tidak standar pada sepeda motor mereka.

Dalam tindak lanjutnya, siswa-siswa tersebut dikumpulkan untuk di berikan Edukasi dan Pembinaan terkait penggunaan Knalpot oleh petugas kepolisian. Proses pembinaan ini melibatkan perwakilan dari Kepala Sekolah dan Guru Kesiswaan untuk memberikan pemahaman kepada para siswa tentang bahaya penggunaan Knalpot Tidak Sesuai Spesifikasi Teknis, yang bisa menimbulkan keresahan masyarakat dan mengakibatkan keributan di jalan raya.

Siswa yang masih kedapatan memakai knalpot tidak sesuai spesifikasi teknis tersebut selanjutnya membuat surat pernyataan dengan sukarela yang isinya menyatakan kesediaan untuk menyerahkan knalpot bersuara bising tersebut di hari berikutnya. Mereka juga berjanji untuk tidak mengulangi pelanggaran tersebut dan bersedia untuk tertib di sekolah maupun berlalu lintas di jalan umum.

Kerjasama antara Polsek Teras dan SMP Negeri 1 Teras diharapkan dapat menjadi contoh yang baik dalam menciptakan lingkungan belajar yang nyaman tanpa gangguan kebisingan dari knalpot tersebut. Pembinaan ini juga diharapkan dapat membangun kesadaran siswa terhadap tata tertib berlalu lintas dan keamanan di jalan raya.