Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Stop Knalpot Brong Polres Boyolali, Razia Digencarkan Mewujudkan Keselamatan Berkendara Untuk Pemilu Damai 2024

Boyolali - Sebagai langkah proaktif dalam menjaga keselamatan berkendara dan menciptakan situasi yang kondusif menjelang Pemilu Damai 2024, KBO Satlantas Polres Boyolali, Iptu Joko Siswanto, memimpin Tim gabungan Penindakan Knalpot Brong dalam Patroli Penegakan Hukum dari Unit Satlantas dan Satsamapta Polres Boyolali di wilayah hukum Polres Boyolali, pad Sabtu (06/01/2024) siang.

Kegiatan patroli ini dilakukan dengan merujuk pada dasar hukum UU nomor 2 tahun 2002 tentang Polri, UU nomor 22 tahun 2009 tentang LLAJ, dan Surat Perintah Kapolres tanggal 01 Januari 2024 mengenai Pelaksanaan Kegiatan Patroli di Wilayah Hukum Polres Boyolali.

Tim Patroli menjalankan patroli mobile serta melakukan pemantauan terhadap arus lalu lintas di beberapa ruas jalan strategis, antara lain Jalan Lingkar Utara, Jalan Jambu, dan Jalan Perintis Kemerdekaan di Kota Boyolali.

Dalam pelaksanaannya, Iptu Joko Siswanto menyampaikan, Tim Patroli yang dipimpinnya melakukan berbagai kegiatan, termasuk penindakan kasat mata dan pelanggaran knalpot brong. Selain itu, edukasi diberikan kepada pelanggar knalpot brong untuk mengganti dan merusak knalpot tersebut secara sukarela agar tidak digunakan lagi.

Bengkel sepeda motor/mobil juga tak luput dari sasaran Patroli, petugas melakukan Binluh dengan menyampaikan himbauan Larangan melayani pemasangan dan penjualan knalpot brong juga diberikan peringatan dan pendekatan edukatif, termasuk dengan menempelkan stiker "Boyolali Bebas dari Knalpot Brong."

Kasatlantas Polres Boyolali, AKP Agista Ryan Mulyanto, menyampaikan bahwa selama kegiatan, terdapat tiga tilang dikeluarkan melalui surat perintah dengan barang bukti berupa knalpot brong, serta penindakan kasat mata dengan barang bukti berupa dua SIM dan empat STNK.

"Kegiatan ini diharapkan dapat memberikan edukasi kepada masyarakat tentang pentingnya tertib berlalu lintas dan menghindari penggunaan knalpot brong. Semua ini dilakukan demi menciptakan lingkungan berkendara yang aman dan nyaman, terutama menjelang Pemilu Damai 2024," ujar AKP Agista Ryan Mulyanto.

Kegiatan patroli berjalan dengan lancar dan kondusif, menunjukkan komitmen Polres Boyolali dalam menciptakan lingkungan berkendara yang aman, nyaman, dan mendukung kestabilan menjelang pelaksanaan Pemilu Damai tahun 2024.