Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Patroli Penindakan Pelanggaran Knalpot Tidak Sesuai Spesifikasi Teknis Dalam Giat OKLLC 2024 Satlantas Polres Boyolali

  

Boyolali - Dalam rangka mendukung Operasi Keselamatan Lalulintas Candi 2024 dan menjaga kondisi lalu lintas yang aman, Pasca Rekapitulasi Pemilu 2024 tingkat KPU Kabupaten Boyolali, bersamaan dalam Operasi Mantap Brata Candim 2024, Satuan Lalulintas (Satlantas) Polres Boyolali telah melaksanakan kegiatan patroli dan penindakan pelanggaran terkait knalpot tidak sesuai spesifikasi teknis. Kegiatan ini dipimpin oleh Kanit Regident Satlantas Polres Boyolali, Selasa (5/3/2024), pagi.

Adapun dasar pelaksanaan kegiatan ini adalah Undang-Undang nomor 2 tahun 2002 tentang Polri, Undang-Undang nomor 22 tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan, serta Surat Perintah Kapolres tanggal 04 Maret 2024 tentang Pelaksanaan Kegiatan Patroli di Wilayah Hukum Polres Boyolali.

Kasat Lantas Polres Boyolali AKP Agista Ryan Mulyanto mengungkapkan, Kegiatan patroli dilakukan di sekitar Bundaran RSU Boyolali dengan fokus pada pengawasan arus lalu lintas dan penindakan terhadap pengguna kendaraan yang menggunakan knalpot tidak sesuai spesifikasi teknis. Petugas Unit STNK dan BPKB terlibat langsung dalam kegiatan ini,” ungkapnya.

AKP Agista menambahkan, kegiatan yang dilakukan dalam bentuk patroli mobile, pantauan arus lalu lintas, serta penindakan terhadap pelanggaran knalpot tidak sesuai spesifikasi teknis. Selain itu, edukasi juga diberikan kepada para pelanggar untuk menyadarkan mereka akan pentingnya mematuhi peraturan terkait spesifikasi knalpot.

Hasil kegiatan mencatat penindakan terhadap 83 pelanggar dengan rincian tilang sebagai berikut: 5 SIM, 64 STNK, dan 14 kendaraan bermotor. Selain itu, dilakukan juga edukasi kepada masyarakat yang melanggar untuk melakukan tukar barang bukti guna mengganti knalpot yang tidak sesuai spesifikasi teknis,” tambahnya.

Kegiatan berjalan lancar dalam suasana aman dan kondusif, serta berhasil mengoptimalkan pengawasan terhadap pengguna kendaraan bermotor demi terciptanya keselamatan dan ketertiban lalu lintas. Diharapkan dengan adanya kegiatan ini, masyarakat semakin sadar akan pentingnya mematuhi aturan lalu lintas demi keselamatan bersama.

Dengan demikian, diharapkan operasi ini dapat berjalan lancar dan berhasil dalam mencapai target yang telah ditetapkan. Guna mendukung situasi Pasca pemilu 2024 yang aman Kondusif dengan Komitmen Memperkuat Persatuan Dan Kesatuan Dalam Rangka Menciptakan Pemilu Damai,” tutupnya.