Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Penanganan Bencana Alam Tanah Longsor di Ds. Cepogo; Sinergitas Polisi,TNI, BPBD dan Masyarakat,

 

Cepogo, Boyolali - Kepolisan Sektor Cepogo Polres Boyolali bersama BPBD Kabupaten Boyolali dan Warga melaksanakan penanganan bencana alam tanah longsor yang menutup akses jalan dari Desa Cepogo ke wilayah Kecamatan Selo, tepatnya di Dukuh Kupo, Desa Cepogo, Kecamatan Cepogo, Kabupaten Boyolali, Pada Selasa, (5/3/2024), siang.

Kegiatan dihadiri Waka Polsek Cepogo IPTU Budi Raharjo beserta 3 anggota, Anggota Koramil Sertu M. Yusuf F, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Boyolali yang diwakili oleh Bapak Nur Huda dan tim, Trantib Kecamatan Cepogo Bapak Suratno.

Dari informasi warga, bencana alam tanah longsor tersebut terjadi pada hari Senin, tanggal 4 Maret 2024, sekitar pukul 16.00 WIB akibat hujan lebat. Kejadian tanah longsor tersebut menimbulkan longsoran panjang sekitar 20 meter dan tinggi sekitar 12 meter yang menutup akses jalan, tidak ada korban jiwa yang dilaporkan. akses jalan tertutup tidak bisa dilalui kendaraan bermotor.

Kepolisian Sektor Cepogo segera merespon dengan melakukan koordinasi dan penanganan bencana dilakukan dengan menggunakan alat berat dari BPBD Kabupaten Boyolali, yang bertugas memindahkan material longsoran ke arah timur jalan sehingga akses jalan dapat kembali terbuka.

Wakapolsek Cepogo IPTU Budi Raharjo, memberikan himbauan kepada warga masyarakat untuk selalu waspada dalam mengantisipasi perubahan cuaca ekstrim di wilayah Cepogo. Hal ini penting guna meminimalisir risiko terjadinya bencana alam yang dapat mengganggu aktivitas masyarakat, dan merugikan jiwa dan harta benda masyarakat setempat.

Tanggapan dari masyarakat seputar penanganan bencana alam ini sangat positif. Mereka menyambut baik kerjasama antar insatansi dalam penanganan bencana dan mengapresiasi upaya yang telah dilakukan untuk menjaga keamanan dan keselamatan masyarakat.

Dengan kerjasama dan kesadaran bersama, diharapkan kita dapat lebih siap dan tanggap dalam menghadapi potensi bencana alam di masa mendatang. Semoga kejadian serupa tidak terulang dan keamanan serta keselamatan masyarakat Cepogo tetap terjaga dengan baik.

Wakapolsek menambahkan, imbauan kepada seluruh masyarakat untuk selalu waspada. serta Peka terhadap keadaan lingkungan tempat tinggal disekitarnya. Diharapkan dengan adanya kegiatan ini Kondusifitas wilayah tetap terjaga aman dan nyaman, Guna mendukung situasi Pasca pemilu 2024 yang aman Kondusif dengan Komitmen Memperkuat Persatuan Dan Kesatuan Dalam Rangka Menciptakan Pemilu Damai,” tutupnya.