Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengamanan Ibadah Sakral Umat Hindu, Hari Raya Nyepi Tahun Baru Saka 1946 H, di Pura Agung Dharma Buana, Urutsewu, Ampel.

 

Ampel – Boyolali - Polsek Ampel melakukan pengamanan giat Perayaan Hari Raya Nyepi Tahun Baru Saka 1946 H, juga dikenal sebagai Hari Raya Kuningan agama Hindu, yang berlangsung dengan khidmat di Pura Agung Dharma Buana yang berlokasi di Dusun Sidosari, Desa Urutsewu, Kecamatan Ampel, Kabupaten Boyolali, Pada Sabtu (9/3/2024), sore.

Dalam pengamanan kegiatan ini, dari kepolisian Polsek Ampel yang terdiri dari Panit IK Aiptu Sigit Widyanto AN, Babhinkamtibmas Aipda Bantu Wibowo, dan anggota SPK Brigadir Putut. Upaya pemantauan tersebut bertujuan untuk memastikan keamanan dan ketertiban selama berlangsungnya perayaan.

Acara perayaan Nyepi ini dihadiri oleh sejumlah tokoh agama Hindu, antara lain Sesepuh Agama Hindu Kecamatan Ampel, Bopo Suwarjono, Ketua PHDI, Bapak Suhono, serta para Pinandita I Wayan Sutarja dan Supriyadi, bersama dengan sekitar 70 umat Hindu yang hadir.

Rangkaian acara perayaan Nyepi mencakup pembukaan, dharma wacana yang dipimpin oleh Pinandhita I Wayan Sutarja, upacara Hari Raya Kuningan, sembahyang, dan penutup. Setiap tahapan dijalankan dengan penuh kekhusukan dan kesakralan.

Tanggapan dari warga sekitar pun menyambut positif kegiatan perayaan Nyepi ini. Mereka mengapresiasi kekhidmatan acara dan upaya pemantauan yang dilakukan oleh aparat kepolisian. "Kami merasa terharu dengan suasana sakral perayaan Nyepi ini dan merasa aman dengan adanya pengamanan yang baik dari kepolisian," ujar salah seorang warga.

Kapolsek Ampel AKP Sunarto, menyampaikan dengan berjalannya pengamanan bersinergi dengan instansi terkait, giat Perayaan Hari Raya Nyepi dengan lancar dan aman, diharapkan semangat kebersamaan dan toleransi antar umat beragama dapat terus terjaga, serta membawa berkah bagi semua yang merayakan, untuk memperkuat persatuan dan kesatuan menciptakan pemilu aman dan damai.