Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Polisi Kawal Promosi Kesehatan Keliling Puskesmas Simo: Cegah Demam Berdarah di Wilayah Simo


 Boyolali - Bhabinkamtibmas Polsek Simo, Aipda Ariyanto dan Aipda Warno, telah melaksanakan monitoring Promosi Kesehatan Keliling oleh Puskesmas Simo dalam upaya Pencegahan dan Pengendalian Demam Berdarah di Wilayah Desa pentur, Kecamatan Simo, Kabupaten Boyolali, pada hari Sabtu (23/03/2024), pagi.

Dalam kegiatan tersebut, Puskesmas Simo bersinergi Bhabin Polsek Simo, Babinsa Koramil Simo, dan Perangkat Desa Blagung melaksanakan Promosi Kesehatan Keliling dengan menggunakan KBM (Kendaraan Bermotor) Penerangan Puskesmas Simo dan mobil Patroli Polsek Simo di Desa Pentur.

Aipda Ariyanto dan Aipda Warno menyampaikan pentingnya kerjasama antara pihak kepolisian, TNI, pemerintah desa, dan masyarakat dalam upaya pencegahan dan pengendalian Demam Berdarah. Mereka juga mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk bersama-sama aktif dalam menjaga kebersihan lingkungan, mulai dari rumah tangga hingga lingkungan sekitar.

Beberapa kegiatan yang dilakukan menyampaikan himbauan Pencegahan Demam Berdarah kepada warga masyarakat untuk ikut serta dalam melaksanakan PSN (Pemberantasan Sarang Nyamuk) dengan konsep 3M plus, yaitu Menguras, Menutup, dan Mengubur, serta mendaur ulang barang bekas yang bisa menjadi tempat perkembangbiakan nyamuk Aedes aegypti, penular utama virus demam berdarah.

Mengajak Kembali mengaktivasi Kerja Bakti untuk Kebersihan Lingkungan: Mengingat adanya 25 kasus Demam Berdarah di Kecamatan Simo saat ini, kegiatan kerja bakti untuk menjaga kebersihan lingkungan menjadi penting. Melalui himbauan ini, diharapkan kesadaran masyarakat dalam menjaga kebersihan lingkungan dapat meningkat, sehingga potensi penularan Demam Berdarah dapat diminimalisir.

Sementara itu Nakes Puskesmas Simo menyatakan "Dengan adanya kegiatan Promosi Kesehatan Keliling ini, kami berharap dapat meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya pencegahan Demam Berdarah melalui PSN dan menjaga kebersihan lingkungan. Kami mengucapkan terima kasih atas kerjasama dan dukungan dari pihak kepolisian, TNI, dan pemerintah desa dalam upaya menciptakan lingkungan yang sehat dan bebas dari Demam Berdarah."

Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga kebersihan lingkungan serta melakukan tindakan pencegahan Demam Berdarah dapat meningkat, sehingga dapat mengurangi angka kasus Demam Berdarah di wilayah Simo.