Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Polisi Mengimbau Warga Selalu Menjaga Keamanan saat Tradisi Sadranan Menyambut Bulan Ramadhan

 

Andong - Boyolali - Kepolisian Sektor Andong melalui Bhabinkamtibmas Desa Semawung Bripka Arif Darmawan,  melakukan pemantauan terhadap gelaran tradisi Sadranan yang diadakan dalam rangka menyambut Bulan Ramadhan 1445 H di Makam Desa Semawung RT 03/01, Kecamatan Andong, pada hari Minggu, tanggal 3 Maret 2024, dari pukul 20.00 hingga 22.00 WIB.

Acara ini dihadiri oleh sejumlah tokoh agama dan pemuka masyarakat, termasuk KH Musadi (Kepala KUA Kecamatan Andong), Kepala Desa Semawung, Bapak Sugito, tokoh agama dari Desa Semawung, dan sekitar 200 jama'ah Sadranan.

Rangkaian kegiatan meliputi pembukaan, pembacaan dzikir dan tahlil oleh Ustadz Patjino, sambutan dari Kepala Desa Semawung yang menekankan pentingnya menjaga keberlangsungan tradisi budaya, serta tausiah dari KH Musadi yang mengingatkan akan pentingnya membersihkan hati menjelang Bulan Ramadhan.


Dalam kesempatan tersebut, Kapolsek Andong AKP Anthon Indharto melalui Bhabinkamtibmas Bripka Arif, memberikan imbauan kepada para jama'ah Sadranan untuk menjaga keamanan selama pelaksanaan tradisi ini. Beliau menegaskan bahwa menjaga keamanan adalah tanggung jawab bersama, dan pentingnya menjaga kerukunan antar umat beragama.

"Kita harus menjaga keamanan selama pelaksanaan Sadranan ini. Mari kita jaga tradisi ini dengan baik, tetap memperhatikan protokol kesehatan, dan menjaga kerukunan antar umat beragama, untuk memperkuat persatuan dan kesatuan dalam menciptakan pemilu yang aman dan damai. Semoga dengan kerja keras dan sinergi antara seluruh pihak, tujuan dari kegiatan ini dapat tercapai dengan baik," ujar Arif.

Diharapkan dengan pelaksanaan tradisi Sadranan ini, umat Muslim di Desa Semawung dapat memasuki Bulan Ramadhan dengan hati yang suci dan siap menjalani ibadah dengan penuh ketulusan.