Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Polres Boyolali gandeng Dishub untuk melaksanakan Ramp Check, Pastikan keselamatan lalu lintas

KABAR BOYOLALI – Guna memastikan keselamatan dan meminimalisir terjadinya laka lantas menjelang persiapan Ops Ketupat Candi 2024 ( angkutan lebaran), dalam rangka Operasi Keselamatan Lalu Lintas Candi 2024, Polres Boyolali, bersama Dinas Perhubungan (Dishub) melakukan ramp check atau inspeksi keselamatan lalu lintas dan angkutan jalan.

Saat dikonfirmasi oleh wartawan Kapolres Boyolali AKBP Petrus Parningotan Silalalahi.S.H.,S.I.K.,M.H melalui Kasat Lantas AKP Agista Ryan Mulyanto.S.T.K.,S.I.K.,M.T, menerangkan, kegiatan tersebut bertujuan untuk meminimalisir terjadinya laka lantas yang diakibatkan dari tidak berfungsi salah satu komponen pada kendaraan. Seperti lampu, ban hingga rem.

Tak hanya kendaraan, lanjut dia, pengemudi dan kernet juga dilakukan pemeriksaan kesehatan. Karena kesehatan sopir maupun kernet kendaraan jadi hal terpenting dalam meminimalisir timbulnya laka lantas.

“Ini semua kami lakukan untuk meminimalisir terjadinya kecelakaan lalu lintas yang melibatkan Kendaraan Angkutan Umum dan Pariwisata, Serta tentunya demi terciptanya Kamseltibcar Lantas di Wilkum Polres Boyolali selama 14 hari TMT 5 Maret s/d 17 Maret 2024 Ops Keselamatan Lalu Lintas Candi 2024 ” terangnya, Rabu 6/3/2024).

Lebih lanjut, Agista mengatakan saat ini pihaknya bersama Dishub telah melaksanakan ramp check pada PO Bus Handoyo di Boyolali dan rencananya akan melakukan ke seluruh PO Bus yang ada di Boyolali.

Pemeriksaan kendaraan meliputi surat-surat kelengkapan kendaraan, fungsi roda, lampu dan berbagai fungsi lain.

Dalam kesempatan tersebut Kasat Lantas menegaskan, pihaknya tidak segan akan memberikan penindakan kepada armada yang tidak laik jalan, namun tetap digunakan sehingga membahayakan bagi penumpang maupun pengendara yang lain.

“Akan kita berikan sanksi tegas baik itu berupa penilangan ataupun tindakan lainnya apabila terbukti melakukan pelanggaran,” tegasnya.

Pihaknya juga mengimbau kepada pengemudi angkutan bus umum dan barang untuk tidak memaksakan diri dalam berkendara. Apabila sedang sakit dihimbau untuk istirahat terlebih dahulu.

“Apabila lelah istirahatlah, ingat keluarga menanti di rumah, tetap waspada semoga selamat sampai tujuan,” pungkasnya.

Diakhir Kegiatan kasat lantas menyampaikan pentingnya kegiatan rampcheck.

“ Semoga dengan pelaksnaan rampcheck ini dapat meminimalisir fatalitas dan menurunkan angka kecelakaan di wilayah hukum Polres Boyolali. Sehingga terciptanya Kamseltibcar Lantas di wilayah hukum Polres Boyolali Polda Jateng,” Imbuhnya.