Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Polres Boyolali Sukses Amankan Rapat Pleno Rekapiltulasi Suara Pemilu 2024; KPU Kabupaten Boyolali


Boyolali - Dalam mendukung kelancaran proses demokrasi, Polres Boyolali bersama stakeholder terkait telah berhasil melaksanakan kegiatan pengamanan selama pembacaan Rekapitulasi Hasil Suara Pemilu 2024 di kantor KPU Boyolali, Jl. Perintis Kemerdekaan, Kelurahan Siswodupuran, Kecamatan/Kabupaten Boyolali, yang berlangsung mulai tanggal 28 Februari 2024 hingga 2 Maret 2024.

Pengamanan yang dilakukan oleh Polres Boyolali dalam kegiatan ini berdasarkan Surat Perintah dari Kapolres Boyolali, melibatkan personel gabungan, Anggota Dalmas Satsamapta, pengamanan tertutup dari Satintelkam dan Satreskrim, dengan didampingi oleh perwira pengendali dari Polres Boyolali.

Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi Hasil Perhitungan Perolehan Suara Pemilihan Umum Tahun 2024 Tingkat Kabupaten Boyolali telah sukses digelar pada hari Sabtu, tanggal 2 Maret 2024. Acara tersebut berlangsung mulai pukul 09.00 hingga 21.30 WIB.

Ketua KPU Boyolali, Maya Yudayanti, memimpin rapat tersebut dengan dihadiri oleh berbagai pihak terkait, termasuk Kadiv perencanaan, data, dan informasi KPU Muhammad Rohani, serta perwakilan dari Bawaslu Boyolali, saksi pasangan calon, saksi partai politik, dan saksi calon DPD.

Kegiatan pada hari terakhir dimulai dengan pembukaan dan dilanjutkan dengan pelaksanaan pleno rekapitulasi yang dipimpin oleh PPK Ngemplak. Dilanjutkan dengan pembacaan catatan kejadian khusus pemilihan untuk beberapa posisi oleh Kadiv Teknis Penyelenggaraan KPU Wakhid Thoyib.

Selanjutnya, dilakukan pencermatan rekapitulasi hasil penghitungan perolehan suara Pemilu 2024, dan pembacaan Berita Acara serta Sertifikat rekapitulasi hasil penghitungan suara oleh Komisioner KPU.

Rapat ditutup dengan penandatanganan Berita Acara dan Sertifikat rekapitulasi hasil penghitungan suara, yang kemudian diserahkan kepada Bawaslu, saksi paslon, saksi DPD, dan saksi partai politik untuk diproses sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Kapolres Boyolali, AKBP Petrus Parningotan, mengimbau kepada seluruh masyarakat Boyolali untuk menerima hasil rekapitulasi dengan lapang dada dan menjaga situasi kamtibmas tetap kondusif. harapannya dari hasil rekapitulasi ini memberikan kepastian dan keadilan bagi semua pihak serta menjadi landasan bagi kemajuan demokrasi.

“Kami juga mengajak seluruh elemen masyarakat untuk tetap menjaga kamtibmas dan bersinergi demi memperkuat persatuan dan kesatuan dalam menciptakan pemilu yang damai,” tutup Kapolres.