Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Polsek Ampel Pengamanan Ibadah Umat Hindu Upacara Ngembak Geni Hari Raya Nyepi Tahun 2024

 

Ampel, Boyolali – Pengamanan dan pemantauan oleh Kepolisian sektor Ampel Polres Boyolali, dalam perayaan Hari Raya Nyepi tahun baru Caka 1946 H / 2024 M bagi umat Hindu, acara ini dilaksanakan di Pura Agung Dharma Buana, Dusun Sidosari, Desa Urutsewu, Kecamatan Ampel, Kabupaten Boyolali, pada Selasa (12/03/2024) sore.

Acara tersebut dihadiri oleh tokoh agama Hindu, antara lain Sesepuh Hindu Ampel Bopo Suwarjono, Ketua PHDI Bpk Suhono, Pinandita I Wayan Sutarja, Pinandita Supriyadi, dan sekitar 40 umat Hindu setempat.

Rangkaian perayaan Nyepi dimulai dengan pembukaan, dilanjutkan dengan upacara Ngembak Geni Dharma Santi yang dipimpin oleh Pinandhita I Wayan Sutarja. Acara juga mencakup upacara purapangapuranan (Halalbihalal) sebelum ditutup.

Kapolsek Ampel AKP Sunarto saat ditemui menjelaskan, dalam upaya memastikan keamanan dan kelancaran acara, anggotanya melakukan pengamanan dan monitoring serta memberikan imbauan kepada seluruh masyarakat dan pemeluk agama Hindu di wilayahnya agar menjaga ketertiban dan keamanan selama perayaan berlangsung,” ujarnya.

Pengamanan Polsek Ampel dilakukan dengan melaksanakan petroli sambang ke tempat acara, Bhabinkamtibmas Aipda Bantu Wibawa bersama dengan anggota Polsek Ampel Bripka Eko Wahyu Mulyanto dan anggota SPK Brigadir Putut, yang melakukan patroli dan pemantauan di sekitar lokasi perayaan untuk memastikan situasi tetap aman dan kondusif.

Dalam tanggapannya terkait pengamanan yang dilakukan oleh Polsek Ampel, perwakilan tokoh Hindu menyampaikan apresiasinya atas upaya kepolisian dalam memberikan rasa aman bagi umat Hindu yang merayakan Hari Raya Nyepi. Mereka juga mengungkapkan harapannya agar upaya menjaga harmoni dan kerukunan antar umat beragama terus dipertahankan di wilayah tersebut.

Melalui langkah-langkah ini, Polsek Ampel berusaha untuk memberikan rasa aman bagi seluruh umat Hindu yang merayakan Hari Raya Nyepi, sekaligus menjaga harmoni dan kerukunan antar umat beragama di wilayah tersebut.