Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Sinergitas Tanggap Bencana: Kapolsek Cepogo Pimpin Penanganan Longsor di Dukuh Banjarejo, Boyolali

 

Cepogo – Boyolali - Upaya penanganan bencana alam tanah longsor yang melanda rumah warga di Dukuh Banjarejo, Desa Gedangan, Kecamatan Cepogo, Kabupaten Boyolali, mengalami kemajuan setelah koordinasi intensif antara Polsek Cepogo, instansi terkait, dan warga setempat, mulai melaksanakan kegiatan gotong royong pembersihan material longsoran, pada Sabtu (02/03/2024), pagi.

Dalam kegiatan tersebut, hadir Kapolsek Cepogo AKP Agung Setiawan, didampingi oleh Waka Polsek Cepogo IPTU Budi Raharjo beserta anggota, Anggota Koramil Cepogo Serka Amin beserta anggota, BPBD Kabupaten Boyolali yang diwakili oleh Bapak Nur Huda dan tim, Kasi Trantib Kecamatan Cepogo Bapak Anthon Ariyanto, Kades Gedangan Bapak Waljuni, Sekdes Gedangan Bapak Widiatmoko dan perangkat desa, PMI Kabupaten Boyolali, Ketua RT Banjarejo Bapak Harto Marno, serta warga masyarakat Dukuh Banjarejo Desa Gedangan.

Penanganan bencana dilakukan dengan menggunakan alat berat dari BPBD Kabupaten Boyolali untuk meratakan bangunan rumah yang terkena dampak longsor. Selanjutnya, rencana pembangunan rumah baru akan dilaksanakan oleh pemerintah Desa Gedangan dan Pemerintah Kabupaten Boyolali, dengan bantuan dari warga setempat. Bangunan baru direncanakan akan didirikan di lokasi yang sama, namun agak di geser agar tidak terlalu dekat dengan tanggul atau tebing guna mengantisipasi terjadinya longsor kembali.

Keterangan dari lokasi kejadian menyebutkan bahwa bencana alam tanah longsor terjadi pada hari Jumat tanggal 01 Maret 2024 sekitar pukul 18.00 WIB akibat hujan lebat. Korban dari kejadian ini adalah Ibu Slamet, yang berusia sekitar 75 tahun dan tinggal sendirian. Meskipun tidak ada korban jiwa, kejadian ini mengakibatkan kerugian material sekitar Rp 30.000.000.

Kapolsek Cepogo, pada kesempatan tersebut menyampaikan imbauan, kepada warga masyarakat untuk selalu waspada dalam mengantisipasi perubahan cuaca ekstrim di wilayah Cepogo. Hasil koordinasi menunjukkan bahwa pekerjaan pembangunan rumah baru akan dimulai pada hari Selasa tanggal 5 Maret 2024 pukul 08.00 WIB.

Terkait hal ini, Kapolres Boyolali AKBP Petrus Parningotan Silalahi melalui Kapolsek Cepogo AKP Agung Setiawan, menegaskan pentingnya sinergi antara aparat keamanan, instansi terkait, dan masyarakat dalam menangani bencana alam. "Kami menghimbau kepada seluruh warga untuk tetap waspada dan siap sedia dalam menghadapi kemungkinan-kemungkinan bencana alam," ucapnya.

Dengan demikian, kerjasama yang baik antara berbagai pihak diharapkan dapat membantu masyarakat dalam menghadapi dan mengatasi dampak bencana alam dengan lebih efektif dan efisien.