Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tim Tanggap Bencana dari Kepolisian, TNI, BPBD Dan Masyarakat Respon Cepat Tangani Tanah Longsor di Jalur Jalan SSB, Samiran Selo.

Selo, Boyolali - Polsek Selo bersama Koramil Selo dan BPBD kabupaten Boyolali melakukan penanganan tanah longsor yang terjadi di tebing Jalan yang mengarah ke jalur Jalan SSB, tepatnya di Dusun Samiran, Kecamatan Selo, Kabupaten Boyolali, Sabtu, 09 Maret 2024, sekitar pukul 21.00 WIB,.

Kapolres Boyolali AKBP Petrus parningotan melalui Kapolsek Selo IPTU Kiryanto saat di konfirmasi menuturkan, Kejadian ini disebabkan oleh Curah hujan yang cukup deras dengan intensitas tinggi, yang mengakibatkan bahu jalan tertutup oleh tanah dengan ketebalan sekitar 1 meter. Meskipun demikian, tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini,” ungkapnya.

Iptu Kiryanto menjelaskan akibat kejadian tanah longsor ini sempat mempengaruhi arus lalu lintas di jalur Jalan SSB, namun dengan tindakan cepat, Polsek Selo, Koramil Selo, anggota BPBD Kabupaten Boyolali, Tim Siaga Desa (TSD) Selo, relawan, dan masyarakat sekitar melakukan upaya evakuasi dan pembersihan dengan bergotong-royong. Alat berat dari BPBD Kabupaten Boyolali juga turut membantu dalam proses pembersihan,” jelasnya.

Kegiatan penanganan tanah longsor dihadiri oleh berbagai pihak, termasuk Kapolsek Selo IPTU Kiryanta, SH beserta tiga anggota Polsek Selo, dua anggota Koramil 07/Selo, empat anggota BPBD Kabupaten Boyolali, serta Tim Siaga Desa (TSD) Samiran, relawan, dan masyarakat sekitar.

Kapolsek Selo juga menyampaikan, Polsek Selo terus melakukan imbauan kepada masyarakat untuk tetap waspada dan berhati-hati dalam melintasi jalur tersebut meskipun hujan sudah mulai reda dan jalan raya Boyolali-Magelang/Jalan SSB Dusun Samiran, Kecamatan Selo sudah dapat dilalui oleh pengguna jalan dua arah. "Kami mengimbau agar pengguna jalan tetap berhati-hati karena kondisi jalan masih licin dan minimnya penerangan.

Hingga saat ini, situasi penanganan tanah longsor akibat hujan deras di Jalur SSB Dusun Samiran, Kecamatan Selo, berjalan dengan aman dan lancar, berkat kerjasama antara kepolisian, instansi terkait, relawan, dan masyarakat sekitar," tutup Kapolsek.