Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Polres Boyolali Amankan Pelantikan Pengawas Pemilu Menjelang Pilkada 2024


Boyolali – Polres Boyolali| Dalam rangka menghadapi rangkaian Pilkada 2024, Polsek jajaran Polres Boyolali melaksanakan monitoring pelantikan pengawas pemilu. Salah satu kegiatan tersebut berlangsung di wilayah Kecamatan Juwangi, Kabupaten Boyolali.

Pengambilan Sumpah/Janji dan Pelantikan serta Pembekalan Pengawas Kelurahan/Desa (PKD) untuk Pilgub Jateng dan Pilbup Boyolali Tahun 2024, berlangsung di Cafe Ndalem Joglo, beralamat di Dukuh Klego Desa Pilangrejo, Juwangi, dan dihadiri oleh sekitar 30 orang, pada Senin  (3/6/2024), pagi.

Kapolsek Juwangi IPTU Bambang Sugiharta, menyampaikan bahwa monitoring pelantikan PKD merupakan bagian dari upaya Polsek Juwangi dalam menjaga stabilitas kamtibmas menjelang Pilkada 2024. Dalam imbauannya, IPTU Bambang menegaskan agar para pengawas pemilu menjaga profesionalisme, integritas, dan netralitas dalam menjalankan tugas.

"Saya berharap, para pengawas pemilu yang baru dilantik bisa menjalankan tugas dengan profesional, menjaga integritas dan netralitas. Hal ini penting untuk memastikan bahwa proses demokrasi dapat berjalan dengan baik dan kondusif," tuturnya.

Sementara itu Komisioner Bawaslu Kordiv Pencegahan Kab. Boyolali, Moh. Mahmudi, dalam sambutannya mengucapkan selamat kepada para PKD yang telah dilantik se-Kecamatan Juwangi. Beliau menekankan pentingnya memahami tugas pokok dan fungsi (tupoksi) agar pekerjaan bisa dilaksanakan dengan lancar. Dengan dilantiknya anggota PKD, diharapkan mereka dapat bekerja dengan baik sehingga Pilgub Jateng dan Pilbup Boyolali 2024 dapat terlaksana dengan aman, lancar, dan kondusif.

"Bapak dan Ibu harus memahami tupoksi agar semua pekerjaan dapat dilaksanakan dengan lancar. Harapan kami, PKD yang telah dilantik dapat bekerja dengan baik sehingga Pilgub Jateng dan Pilbup Boyolali 2024 bisa berlangsung aman dan kondusif," ujarnya

Mahmudi juga menambahkan bahwa anggota PKD harus menjaga independensi dan tidak terpengaruh oleh tekanan dari pihak manapun. Ia menekankan pentingnya pengawasan terhadap partai politik yang mulai melakukan sosialisasi, dan memastikan bahwa kampanye hanya dilakukan sesuai aturan yang berlaku.

"Jagalah independensi, jangan sampai tugas dan kewenangan disalahgunakan. Partai politik boleh melakukan sosialisasi, namun kampanye harus sesuai aturan. Profesionalisme, integritas, dan netralitas harus dijaga agar Pemilu kita lebih baik," lanjutnya.

Setelah acara sambutan kegiatan dilanjutkan dengan pembacaan doa oleh Bp. Muh. Abidin, menyanyikan lagu "Bagimu Negeri", dan diakhiri dengan pemberian ucapan selamat kepada para anggota PKD yang telah dilantik. Kegiatan ini merupakan bagian dari upaya Polres Boyolali dalam memastikan Pilkada 2024 berjalan dengan lancar dan aman.

Kapolsek Juwangi berharap dengan dilantiknya PKD, Kecamatan Juwangi dapat mengikuti pesta demokrasi dengan baik dan lancar, serta seluruh tahapan pemilu dapat berjalan tanpa hambatan.