Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

TNI-Polri Bersinergi Bersama Komunitas Peduli Sungai: Karya Bakti Peringatan Hari Sungai Nasional

 

Boyolali – Dalam rangka memperingati Hari Sungai Nasional, Polres Boyolali bersama Kodim dan Komunitas Peduli Sungai mengadakan kegiatan Karya Bakti Pembersihan Lingkungan di sekitar DAS Pepe, Dukuh Penjalinan, RT.01/01 Desa Tawangsari, Kecamatan Teras, Kabupaten Boyolali. Kegiatan ini mengusung tema "Bersih Sungai Resik Kaine, Lancar Rejekine" dan berlangsung pada Sabtu (27/07/2024) pagi.

Kegiatan ini dihadiri oleh berbagai elemen masyarakat dan pejabat setempat, antara lain: Danramil 04 Teras, Kapten Inf Dakri Oskandar, Kapolsek Teras, AKP Wahyudi, Camat Teras, Drs. Joko Suseno, Anggota TNI Kodim Koramil Teras, Anggota Polsek Teras, Kepala Desa dan perangkat desa Kecamatan Teras, Relawan Wisnu Kencana, serta pelajar dan warga masyarakat Desa Tawangsari dengan jumlah peserta sekitar 500 orang.

Para peserta menyiapkan peralatan yang digunakan dalam kegiatan ini dari rumah masing-masing diantaranya sapu, serok sampah, plastik sampah, serta alat pemotong rumput dan lainnya.

Rangkaian kegiatan Karya Bakti dimulai dengan apel gabungan dan pembagian tugas pada pukul 07.00 WIB. Setelah itu, pada pukul 07.15 WIB dilanjutkan dengan pelaksanaan pembersihan lingkungan sekitar DAS Pepe. Kegiatan ini selesai pada pukul 09.30 WIB.

Dalam apel gabungan, Danramil 04 Teras, Kapten Inf Dakri Oskandar, mengajak seluruh peserta untuk memanjatkan puji syukur ke hadirat Allah SWT atas kesempatan dan kesehatan yang diberikan sehingga bisa melaksanakan kegiatan karya bakti ini. Tak lupa, ucapan terima kasih disampaikan kepada seluruh peserta yang telah hadir dan berpartisipasi.

Kapten Inf Dakri Oskandar juga menekankan pentingnya melaksanakan kegiatan ini dengan ikhlas dan bertanggung jawab sesuai tugas yang telah diberikan. Ia berharap, apa yang dikerjakan dalam kegiatan ini dapat menjadi ladang pahala dan memberikan manfaat bagi masyarakat sekitar Dukuh Penjalinan, Desa Tawangsari, Kecamatan Teras.

Kapolsek Teras, AKP Wahyudi, turut menyampaikan apresiasi dari Kapolres Boyolali atas sinergi dan kerja keras seluruh peserta. "Kami sangat mengapresiasi semangat dan kerjasama yang ditunjukkan oleh semua pihak. Sinergi antara TNI-Polri dan masyarakat sangat penting untuk menjaga kebersihan dan kelestarian lingkungan. Semoga kegiatan ini bisa menjadi inspirasi bagi daerah lain," ujar AKP Wahyudi.

Kegiatan ini tidak hanya bertujuan untuk membersihkan sungai dan lingkungan sekitarnya, tetapi juga untuk mempererat hubungan antara berbagai elemen masyarakat dan meningkatkan kesadaran akan pentingnya menjaga kebersihan sungai demi kelestarian lingkungan.