Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Lagi, Sinergitas TNI-POLRI Dalam Mediasi Warga Desa Candi dan Pihak Manajemen Pabrik, Warga Apresiasi Langkah Aparat Keamanan

 

Boyolali – Sinergitas TNI-Polri sekali lagi menunjukkan bahwa setiap permasalahan dapat diselesaikan melalui dialog dan kerja sama. Hal ini tercermin dalam mediasi antara warga Dusun Rejomulyo, Desa Candi, dengan pihak pabrik PT. Sarana Jaya Sentosa yang berlangsung di Balai Desa Candi, Kecamatan Ampel, Boyolali, Kamis (29/8/2024) siang. Musyawarah yang dihadiri oleh perwakilan warga terdampak, aparat desa, aparat keamanan, dan pihak pabrik ini menjadi bukti nyata bahwa kebersamaan dan keterbukaan adalah kunci untuk mencapai solusi terbaik bagi semua pihak.

Dalam pertemuan yang berlangsung, turut hadir, Kepala Desa Candi Bapak Warsito, Kepala Dusun Rejomulyo Bapak Aldo, , Bripka Marwanto selaku Bhabinkamtibmas Desa Candi, serta Sertu Hari dari Babinsa Desa Candi. Hadir pula tokoh masyarakat RT/RW Dusun Rejomulyo, perwakilan warga terdampak, dan Bapak Mulyo Basuki sebagai pemilik pabrik PT. Sarana Jaya Sentosa.

Musyawarah ini menghasilkan beberapa kesepakatan penting terkait dampak pembangunan pabrik terhadap warga setempat. Di antaranya:
1. Pihak pabrik akan melakukan perbaikan jalan desa menuju pabrik sebagai langkah awal.
2. Tanah dan rumah warga yang terdampak akan dibeli oleh pihak pabrik, dan bangunan yang terkena dampak akan diperbaiki oleh pihak pabrik.
3. Ketika proyek perbaikan jalan desa dimulai, jalan akan ditutup sementara dan jalur akan dialihkan ke rute lain.
4. Pintu gerbang Dusun Rejomulyo akan dibongkar dan dipindahkan untuk memperlebar akses jalan, dengan pembuatan gapura baru yang dibiayai oleh pihak pabrik.

Kesepakatan ini disambut baik oleh warga yang merasa bahwa aspirasi mereka didengar dan diakomodasi dengan baik. Komitmen pihak pabrik untuk memperbaiki fasilitas umum dan memberikan kompensasi layak juga mendapat apresiasi.

Bapak Rahmat, salah satu warga terdampak, mengungkapkan rasa terima kasihnya atas kehadiran dan peran penting aparat keamanan. "Kami sangat berterima kasih kepada Bhabinkamtibmas dan Babinsa yang telah membantu proses mediasi ini. Dengan kehadiran mereka, semua pihak bisa mendapatkan solusi yang adil dan musyawarah berjalan lancar," katanya.

Senada dengan itu, Kepala Desa Candi, Bapak Warsito, menyampaikan harapannya agar kesepakatan ini segera ditindaklanjuti. "Kami berharap sinergitas TNI-Polri ini terus terjaga, dan kesepakatan yang sudah dicapai dapat segera dilaksanakan agar warga dan pihak pabrik bisa hidup berdampingan dengan nyaman," ujarnya.

Aparat keamanan pun berharap agar permasalahan ini benar-benar terselesaikan dan semua pihak yang berselisih bisa kembali menjalani kehidupan normal dengan suasana yang lebih kondusif. Dengan adanya hasil mediasi yang baik ini, masyarakat berharap agar kesepakatan segera diwujudkan demi kebaikan bersama.

Masyarakat berharap agar pihak manajemen pabrik segera menindaklanjuti kesepakatan yang telah dibuat, sehingga segala bentuk gangguan dan kerugian yang dialami oleh warga dapat segera diatasi. Dengan terlaksananya perbaikan dan pemenuhan hak-hak warga, diharapkan kehidupan warga Dusun Rejomulyo kembali normal dan lebih sejahtera.

Sinergitas antara TNI-Polri dalam mediasi ini menjadi contoh nyata bagaimana aparat keamanan dapat membantu menyelesaikan permasalahan di tengah masyarakat dengan cepat dan tepat, demi menjaga keamanan dan ketertiban di wilayah tersebut.