Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Wakapolres Boyolali Pimpin Apel Kesiapan Pengamanan Pendaftaran Calon Bupati: Tekankan Pentingnya Pengamanan

 

BOYOLALI – Dalam rangka menjaga kamtibmas yang kondusif Polres Boyolali menggelar apel kesiapan pengamanan kegiatan pendaftaran pasangan bakal calon Bupati dan Wakil Bupati Boyolali, Agus Irawan - Dwi Fajar Nirwana, Apel persiapan pengamanan berlangsung di halaman Mapolres Boyolali, Rabu (28/8/2024), dan dipimpin langsung oleh Wakapolres Boyolali, KOMPOL Dani Permana Putra.

Apel pengamanan ini dihadiri oleh sejumlah PJU Polres Boyolali seluruh personil gabungan dari jajaran kepolisian Boyolali, yang akan dikerahkan dalam pengamanan pendaftaran pasangan bakal calon tersebut. Dalam arahan yang disampaikan Wakapolres Boyolali, KOMPOL Dani Permana Putra menekankan pentingnya profesionalisme dan kesiapan personel dalam menjalankan tugas pengamanan guna menjaga situasi tetap kondusif.

“Bapak Kapolres menekankan bahwa pengamanan ini bukan sekadar tugas rutin, tetapi juga sebagai bentuk tanggung jawab kita dalam memastikan proses demokrasi berjalan dengan aman, tertib, dan lancar. Kita harus mengedepankan sikap humanis namun tegas dalam menghadapi segala situasi di lapangan,” ujar KOMPOL Dani Permana Putra dalam arahannya.

Lebih lanjut, Wakapolres Boyolali juga mengingatkan seluruh personel untuk tetap waspada dan tidak lengah, mengingat pendaftaran pasangan calon sering kali melibatkan massa pendukung. "Tetap jaga kewaspadaan dan jangan ragu untuk bertindak tegas terhadap setiap potensi gangguan. Kita harus menjaga agar tidak ada tindakan provokatif yang dapat mengganggu jalannya pendaftaran ini,” tegasnya.

Selain itu, Wakapolres juga mengimbau personel untuk selalu berkoordinasi dengan satuan tugas lain, seperti Satpol PP dan panitia penyelenggara, guna memastikan pengamanan berjalan sesuai rencana. Ia juga meminta agar seluruh anggota memperhatikan potensi kerawanan yang mungkin muncul, baik di dalam maupun di luar area pendaftaran.

“Kepada seluruh personel, laksanakan tugas ini dengan penuh tanggung jawab dan selalu utamakan keselamatan diri dan masyarakat. Ingat, kita di sini untuk mengawal proses demokrasi agar berjalan dengan aman dan damai. Jangan biarkan hal-hal kecil berkembang menjadi masalah besar,” tambahnya.

Wakapolres juga menyampaikan bahwa pengamanan tidak hanya berfokus pada area pendaftaran, tetapi juga di titik-titik rawan lainnya, seperti akses masuk dan keluar kantor KPU serta jalur-jalur yang dilalui rombongan pasangan calon dan pendukungnya. Ia mengingatkan pentingnya pengendalian massa agar tetap tertib dan tidak mengganggu ketertiban umum.

"Kita harus bisa menjadi cooling system di tengah masyarakat. Tetap berikan imbauan secara persuasif dan pastikan bahwa seluruh rangkaian kegiatan berlangsung dengan aman, tertib, dan damai. Ini adalah bagian dari upaya kita bersama dalam menciptakan Pilkada yang damai dan sejuk di Boyolali,” ujar KOMPOL Dani Permana Putra, menutup arahannya.

Apel pengamanan ini menjadi bagian penting dalam memastikan situasi kamtibmas tetap terkendali selama proses pendaftaran pasangan calon berlangsung. Kapolres Boyolali AKBP Muhammad Yoga berharap seluruh personel dapat menjalankan tugas dengan maksimal dan selalu mengedepankan pelayanan prima kepada masyarakat.