Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kapolres Boyolali Silaturahmi dengan LDII, Sinergi Keamanan Menjelang Pilkada 2024

Boyolali – Dalam rangka mempersiapkan keamanan menjelang Pilkada 2024, Kapolres Boyolali AKBP Muhammad Yoga, beserta jajaran melakukan silaturahmi dengan pengurus DPD Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII) Kabupaten Boyolali pada Senin (30/9/2024). Pertemuan berlangsung di Sekretariat DPD LDII Boyolali, Jl. Solo-Semarang, Desa Mojolegi, Kecamatan Teras, Boyolali.

Silaturahmi ini dihadiri oleh sejumlah pejabat Polres Boyolali, di antaranya Wakapolres Boyolali Kompol Nunung Farmadi, Kasat Intelkam Iptu Anis Arofah, Kasihumas Polres Boyolali AKP Arif Mudi, Kapolsek Teras AKP Wahyudi, dan Kanit III Sosbud Sat Intelkam Ipda Ibnu Subagyo. Rombongan Kapolres Boyolali diterima pihak LDII, hadir Ketua DPD LDII Boyolali H. Suwarjo, beserta Wakil Ketua Drs. H. Ngadiyo, dan para pengurus lainnya.

Dalam sambutannya, Kapolres Boyolali AKBP Muhammad Yoga, menyampaikan pentingnya peran serta ulama dalam menjaga situasi Kamtibmas (keamanan dan ketertiban masyarakat), terutama menjelang Pilkada 2024 yang rawan memunculkan potensi gangguan keamanan. “Kami mohon dukungan serta doa dari para alim ulama, termasuk LDII, agar Boyolali tetap aman dan kondusif selama proses pemilu berlangsung,” ujar Kapolres.

Kapolres juga menjelaskan bahwa Polres Boyolali telah membentuk Posko Netralitas untuk memastikan netralitas TNI, Polri, ASN, serta penyelenggara pemilu seperti KPU dan Bawaslu. "Kami berkomitmen menjaga netralitas selama Pilkada 2024 dan mengharapkan partisipasi aktif dari seluruh elemen masyarakat untuk bersama-sama menciptakan suasana pemilu yang damai dan gembira," lanjutnya.

Selain itu, Kapolres menyoroti pengaruh media sosial terhadap situasi Kamtibmas. Dengan berkembangnya teknologi dan penggunaan media sosial yang semakin meluas, potensi penyebaran informasi yang salah atau provokatif meningkat. Oleh karena itu, Polres Boyolali telah membentuk tim Patroli Siber untuk memantau dan melacak akun-akun media sosial yang menyebarkan konten tidak bertanggung jawab. “Kami mengajak LDII untuk turut mengedukasi masyarakat agar menggunakan media sosial secara bijak,” tambahnya.

Sementara itu, Ketua DPD LDII Boyolali, H. Suwarjo, menyampaikan bahwa LDII siap berkolaborasi dengan Polres Boyolali dalam menjaga keamanan dan ketertiban selama Pilkada 2024. "Kami sangat mendukung langkah Polres Boyolali dalam menjaga keamanan selama proses pemilu ini. Sebagai salah satu organisasi Islam di Boyolali, LDII siap memberikan kontribusi melalui edukasi kepada masyarakat agar senantiasa menjaga kerukunan dan kedamaian," ujarnya.

Silaturahmi ini diakhiri dengan harapan agar Pilkada 2024 dapat berjalan dengan aman dan lancar, serta terjaganya hubungan harmonis antara Polres Boyolali dan organisasi masyarakat, termasuk LDII, demi kemajuan dan stabilitas Boyolali.