Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

"Matic Touring Kamtibmas Mas Kapolres Boyolali Tilik Ndeso" Silaturahmi Kamtibmas Jelang Pilkada di Kecamatan Cepogo

Boyolali – Dalam upaya memperkuat silaturahmi dan menjaga keamanan serta ketertiban masyarakat masa kampanye Pilkada 2024, Kapolres Boyolali AKBP Muhammad Yoga yang diwakili Wakapolres Boyolali Kompol Nunung Farmadi, beserta jajaran Polres Boyolali melaksanakan kegiatan Matic Touring Kamtibmas (Matur) bertajuk “Mas Kapolres Tilik Ndeso” di wilayah Kecamatan Cepogo, Boyolali, pada Jumat (27/9/2024).

Kegiatan ini sekaligus menjadi momentum berbagi dalam menjalin hubungan baik dengan Masyarakat dan bentuk bakti sosial kepada warga kurang mampu di Kecamatan Cepogo setelah melakukan kegiatan yang sama di wilayah Kecamatan Ampel.

Dalam kegiatan yang dimulai pada pukul 14.20 WIB tersebut, Rombongan Mas Kapolres Boyolali bersama para pejabat utama Polres Boyolali berkeliling menggunakan sepeda motor matic untuk mengunjungi warga yang membutuhkan bantuan.

Kapolres Boyolali beserta rombongan pertama kali mengunjungi kediaman Bapak Sutarmo di Dukuh Kwengen, Desa Gubug, Kecamatan Cepogo. Sutarmo yang memiliki anak dengan penyakit kulit bawaan sejak lahir menerima bantuan sembako sebagai bentuk kepedulian dari Polres Boyolali.

Selanjutnya, rombongan bergerak menuju Desa Mliwis untuk menyerahkan bantuan sembako kepada warga kurang mampu. Kunjungan berlanjut ke rumah Aiptu Bambang Supriyanto, anggota Polsek Cepogo yang sedang sakit stroke. Bantuan yang diberikan ini menjadi simbol dukungan moral dari rekan-rekan seprofesi sekaligus perhatian terhadap keluarga yang terdampak.

Tidak hanya berhenti di bakti sosial, Kapolres dan rombongan juga melakukan pertemuan dengan unsur Forkopincam Kecamatan Cepogo, yang dihadiri oleh Camat Cepogo Dwi Sundarto, Danramil Cepogo Kapten Inf Daryowantoro, serta beberapa kepala desa setempat. Dalam pertemuan tersebut, Kapolres menyampaikan pentingnya sinergi antara pemerintah desa, kecamatan, dan Polri dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat, terlebih menjelang Pilkada Serentak 2024.

Wakapolres Boyolali Kompol Nunung Farmadi, yang turut hadir dalam kegiatan ini menyampaikan pesan Kapolres Boyolali kepada seluruh kepala desa dan tokoh masyarakat. “Menjelang Pilkada 2024, kita perlu memperkuat sinergitas antara Polsek, Koramil, pemerintah kecamatan, dan masyarakat untuk menjaga situasi kamtibmas tetap kondusif. Kamtibmas bukan hanya menjadi tanggung jawab Polri dan TNI, tetapi juga menjadi tanggung jawab bersama seluruh komponen masyarakat,” ujar Kompol Nunung.

Lebih lanjut, ia menekankan bahwa kegiatan silaturahmi ini tidak hanya menjadi sarana berbagi, tetapi juga menjadi upaya preventif dalam mencegah potensi gangguan kamtibmas yang mungkin timbul menjelang Pilkada.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua Paguyuban Kepala Desa Kecamatan Cepogo, H. Tarto, menyampaikan apresiasi atas inisiatif kegiatan Matic Touring Kamtibmas (Matur) bertajuk “Mas Kapolres Tilik Ndeso” dalam mengunjungi desa-desa di wilayah Cepogo. “Kami, para kepala desa, berkomitmen untuk menjaga keamanan di wilayah masing-masing. Sinergi ini sangat penting untuk memastikan Pilkada berjalan aman, lancar, dan damai,” ungkap H. Tarto.

Setelah melaksanakan pertemuan dengan Forkopincam, Kapolres dan rombongan melanjutkan kunjungan ke Pondok Pesantren Istiqomah di Dukuh Tlogoimo, Desa Mliwis. Di sana, Wakapolres disambut oleh pengasuh pondok pesantren, Ustaz Muhammad Hanafi Ridwan, yang turut mendukung upaya menjaga kamtibmas dan kedamaian di wilayah Kecamatan Cepogo.

Kapolres Boyolali menekankan, “Melalui silaturahmi seperti ini, kami berharap tercipta kedekatan dan kepercayaan masyarakat terhadap Polri. Sinergi yang kuat antara semua pihak sangat diperlukan untuk menciptakan situasi yang kondusif dan aman di wilayah Kabupaten Boyolali.”

Kegiatan yang berlangsung penuh keakraban ini ditutup pada pukul 16.50 WIB, dengan harapan agar kegiatan serupa terus dilakukan untuk memperkuat hubungan antara Polri dan masyarakat, sekaligus menciptakan suasana aman menjelang Pilkada Serentak 2024.