Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Silaturahmi Kamtibmas Polsek, Koramil, dan Ulama di Karanggede: Menjaga Kerukunan dan Kondusivitas Menjelang Pilkada 2024


Karanggede, Boyolali - Menjelang pelaksanaan Pilkada Serentak 2024, Polsek Karanggede terus berupaya menjaga situasi kondusif di tengah masyarakat melalui kegiatan silaturahmi kamtibmas. Pada hari Rabu, 11 September 2024, Bhabinkamtibmas Polsek Karanggede, Brigadir Mustofa, bersama Babinsa Sertu Suryadi, melaksanakan giat silaturahmi ke kediaman Kyai Nur Rohim, salah satu tokoh agama di Dukuh Sendang, Desa Sendang, Kecamatan Karanggede, Kabupaten Boyolali.

Kapolsek Karanggede AKP Suramto Widodo, menyatakan kegiatan anggotanya bersama personel koramil karanggede tersebut merupakan bagian dari upaya "Cooling System" atau penciptaan suasana kondusif menjelang Pilkada 2024. Kapolsek Karanggede menegaskan pentingnya menjaga hubungan baik antara kepolisian. TNI dan masyarakat. "Kami siap menjaga kondusivitas wilayah dengan bersinergi bersama tokoh agama, tokoh masyarakat, dan seluruh elemen masyarakat," ujar Kapolsek Karanggede.

Menurutnya, peran serta aktif dari masyarakat dalam menjaga keamanan dan ketertiban sangatlah penting. "Kami berharap dengan adanya kegiatan silaturahmi ini, masyarakat semakin memahami pentingnya kerukunan dan tidak mudah terprovokasi oleh isu-isu yang tidak benar," tambahnya.

Sementara itu dalam kegiatan tersebut, Brigadir Mustofa menyampaikan pesan penting kepada Kyai Nur Rohim dan masyarakat setempat. "Kami bersilahturahmi dan mengajak tokoh agama turut berperan aktif untuk mengimbau seluruh warga untuk tetap menjaga kerukunan, meski berbeda pilihan dalam Pilkada nanti. Jangan mudah terpancing oleh berita hoaks yang belum tentu kebenarannya," ujar Brigadir Mustofa.

Dengan pendekatan langsung ke masyarakat, Polsek Karanggede berkomitmen untuk memastikan proses Pilkada Serentak 2024 berlangsung aman, damai, dan sukses. Sinergi antara polisi, aparat TNI, dan masyarakat diharapkan dapat menciptakan kondisi yang harmonis dan kondusif di tengah perbedaan pilihan politik.

Lebih lanjut Kapolsek Karanggede juga menegaskan bahwa pihaknya akan terus melakukan pendekatan yang humanis kepada masyarakat, dengan tetap menjaga komunikasi yang baik dan mempererat hubungan dengan para tokoh masyarakat. "Silaturahmi kamtibmas ini adalah salah satu upaya kami dalam menciptakan suasana yang aman dan nyaman bagi seluruh warga," pungkasnya.

Dengan adanya langkah-langkah proaktif seperti ini, diharapkan masyarakat dapat berpartisipasi aktif dalam menjaga keamanan dan ketertiban, serta tidak mudah terprovokasi oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab.