Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Wakapolres Boyolali Pimpin "Matic Touring Kamtibmas" dan Tilik Ndeso di Ampel dan Gladagsari

Boyolali – Dalam upaya mempererat tali silaturahmi dengan warga serta memberikan bantuan sosial kepada masyarakat kurang mampu, Polres Boyolali kembali menggelar kegiatan bertajuk "Matic Touring Kamtibmas (Matur) Mas Kapolres Tilik Ndeso." Acara hari ini dipimpin oleh Wakapolres Boyolali, Kompol Nunung Farmadi dan berlangsung di Kecamatan Ampel, Gladagsari, dan Cepogo Kabupaten Boyolali, pada Jumat (27/09/2024), siang.

Acara yang dimulai pada pukul 09.00 WIB ini turut dihadiri oleh Pejabat Utama Polres Boyolali, anggota Polsek Ampel, Polsubsektor Gladagsari, komunitas Matic Touring Kamtibmas, serta dihadiri sejumlah tokoh masyarakat. Kegiatan ini mencakup penyerahan bantuan sosial kepada masyarakat kurang mampu dan Lansia sakit menahun, di Dukuh Bulusari, Desa Sidomulyo, Kecamatan Ampel. 

Setelah menyalurkan bantuan sosial Rombongan Wakapolres Boyolali Melanjutkan perjalanan menuju Polsubsektor Gladagsari, untuk melakukan dialog langsung dengan para tokoh masyarakat yang dihadiri Forkopincam Ampel dan Gladagsari, serta perwakilan Komunitas Difabel.

Dalam sambutan pembukaannya, Wakapolres menyampaikan permohonan maaf karena mas Kapolres tidak bisa hadir. Selanjutnya Kompol Nunung menyampaikan pesan penting mengenai pentingnya menjaga keamanan dan ketertiban menjelang Pilkada 2024. "Kehadiran kami di sini bukan hanya untuk menjaga keamanan, tetapi juga untuk mendengarkan dan memahami kebutuhan masyarakat. Kami berharap sinergi antara kepolisian dan masyarakat semakin erat, terutama saat kita menyongsong pesta demokrasi. Keamanan adalah tanggung jawab kita bersama, dan mari kita pastikan bahwa Pilkada berjalan dengan aman dan damai," tegas Wakapolres.

Ketua Paguyuban Kepala Desa Kecamatan Ampel, Bapak M. Syawali, mengungkapkan rasa terima kasih atas kunjungan tersebut. "Kehadiran Bapak Kapolres yang diwakili Bpk Wakapolres beserta jajarannya memberikan motivasi dan rasa aman bagi kami. Kami berharap patroli bisa lebih ditingkatkan menjelang Pilkada untuk menjaga ketertiban di tengah masyarakat," ujar M. Syawali. Ia juga mengusulkan agar Bhabinkamtibmas lebih rutin berkunjung ke desa-desa untuk mendengarkan langsung aspirasi masyarakat.

Ketua Paguyuban Kepala Desa Kecamatan Gladagsari, Bapak Untung Susilo, turut menyampaikan usulannya. Ia menekankan pentingnya peningkatan intensitas patroli Bhabinkamtibmas selama tahapan Pilkada, terutama mengingat maraknya pemasangan baliho yang tidak terkait langsung dengan calon kepala daerah. Bapak Untung juga mendukung program "Satu Desa Satu Bhabinkamtibmas" agar pengawasan keamanan dapat lebih optimal di setiap desa.

Selain itu, perwakilan komunitas difabel dari Kecamatan Ampel mengapresiasi pendampingan yang diberikan oleh Bhabinkamtibmas Bripka Marwanto. Mereka berharap dapat menerima bimbingan lebih lanjut terkait mobilitas dan aksesibilitas, terutama untuk kendaraan roda tiga yang mereka gunakan.

Menanggapi berbagai masukan tersebut, Wakapolres Boyolali menyatakan akan menindaklanjuti masukan yang diberikan. "Kami sangat menghargai setiap usulan dari masyarakat. Program patroli dan kunjungan Bhabinkamtibmas akan terus kami optimalkan, termasuk mendukung kebutuhan komunitas difabel dalam hal mobilitas. Sinergi dan komunikasi yang baik antara masyarakat dan kepolisian sangat penting untuk menjaga kondusifitas wilayah kita, terutama menjelang Pilkada," ucap Kapolres dengan penuh perhatian.

Setelah diskusi, Wakapolres Boyolali bersama rombongan melaksanakan sholat Jumat di Masjid Syukur, Desa Kaligentong, Kecamatan Gladagsari, sebelum melanjutkan perjalanan ke Desa Kembang untuk menyerahkan bantuan sosial kepada warga yang mengalami kesulitan ekonomi dan sakit menahun.

Kegiatan dilanjutkan berkunjung di Sekolah TK Kemala Bhayangkari 63 Ampel Kepala, dan disambut Kepala Sekolah Bapak Sukin, yang menyatakan apresiasi atas kunjungan Kapolres yang diwakili Bpk Wakapolres beserta Rombongan, Ia turut mengucapkan terima kasih atas perhatian dari Kapolres. "Kehadiran Bapak Wakapolres menjadi dorongan semangat bagi kami untuk terus membina generasi yang taat aturan dan cinta ketertiban," ujar Sukin.

Wakapolres menutup acara dengan kembali menekankan pentingnya keamanan menjelang Pilkada. "Kegiatan Matic Touring Kamtibmas ini adalah salah satu bentuk kepedulian kami terhadap masyarakat. Kami berharap sinergi antara polisi dan warga dapat terus terjalin, sehingga Pilkada 2024 berjalan aman dan damai," ujarnya.

Acara diakhiri dengan rombongan menuju lokasi pemberian Bantuan sosial kepada masyarakat kurang mampu dan penyandang Disabilitas.